• Senin, 24 Januari 2022

Suara Mantan Pemain Menjelang Musprov PSSI NTT

- Kamis, 2 Desember 2021 | 23:34 WIB
Suara Mantan Pemain Menjelang Musprov PSSI NTT
Suara Mantan Pemain Menjelang Musprov PSSI NTT


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Tanggal 4 Desember 2021, PSSI NTT melaksanakan Musyawarah PSSI NTT (Nusa Tenggara Timur) yang akan digelar di Kota Kupang.

Musprov akan digelar di kota Kupang, dan akan diikuti oleh 23 voters (pemilih) yang mewakili 22 Asosiasi PSSI Kota (Askot), Asosiasi PSSI Kabupaten (Askab) dan 1 Asosiasi Futsal.

Dengan digelarnya Musprov PSSI NTT, maka periodisasi kepemimpinan Frans Lebu Raya mantan Gubernur NTT selama 2 periode akan berakhir.

Dua kandidat, Fary Djemi Francis dan Petrus Christian Mboeik yang digadang-gadang para voters untuk melakukan perubahan di dunia sepakbola NTT akan menyakinkan 23 voters untuk memilih salah satu dari mereka sebagai nahkoda PSSI NTT 4 tahun ke depan.

Duet penggiat sepakbola Fary Djemi Francis Komisaris Utama PT. ASABRI Tbk, pemilik Klub dan Academy Bintang Timur dan David Fulbertus Pemilik Hotel Kristal dan Klub Sepakbola Kristal Bali United Kupang, akan menantang duet Petrus Christian Mboeik, Wakil Ketua DPRD NTT dan Ridwan Ansar Sujana Kajari Kabupaten Kupang. Pertarungan antara penggiat sepakbola versus simpatisan sepakbola.

Baca Juga: AC Milan Amankan Kembali Posisi Kedua

“Saya mengikuti tahapan-tahapan Musprov PSSI NTT sejak awal, bahkan sejak tahun lalu kami di NTT All Star sudah mendiskusikan, siapa yang layak merubah iklim sepakbola di NTT. Dari diskusi yang kami lakukan tidak ada nama yang layak untuk diusung, belum ada tokoh sekelas S.K. Lerik, Frans Sakera atau Beni Amalo yang siap merogoh koceknya demi sepakbola. Belakangan baru muncul nama Fary Francis dan Christ Mboeik. Jika dilihat dari sepak terjang kedua kandidat, hanya Fary yang punya kapasitas dan jaringan di lingkungan sepakbola nasional, bahkan di luar negeri," tegas Frans Watu, koordinator NTT All Star Jakarta.

Baik Fary Djemi Francis maupun Christian Mboeik telah mendapat dukungan dari 10 voters. Dukungan bagi keduanya juga datang dari mantan pemain NTT dengan berbagai pertimbangan.

"Saya dukung Fary karena eksistensi dan konsistensi mereka. Kegigihan Fary membina talenta-talenta muda melalui Academy Bintang Timur patut kita apresiasi. Saat ini mulai banyak talenta muda NTT bermain di Klub liga 3 hingga 2, bahkan yang terbaru Crespo Hale (18 thn) produk SSB Bintang Timur dipanggil skuad Timnas Indonesia yang dipersiapkan pelatih Shin Tae-yong  untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023," tegas Yun Bali, mantan pemain PSK dan Perse Ende. Alumni Universitas Gajah Mada hingga kini masih aktif bermain bersama Kagama FC.

Baca Juga: Messi Melempem, PSG Ditahan Imbang Nice 0-0

Hadirnya traning ground dengan fasilitas yang dimiliki Bintang Timur, bukti eksistensi dan kesungguhan Fary membangun sepakbola.

Langkah Fary juga menginspirasi David Fulbertus, sebuah mini soccer di tengah Kota Kupang sebagai bukti totalitasnya dalam mengembangkan sepakbola di Kota Kupang. Rekam jejak keduanya jelas.

Rekam jejak Christ Mboeik di sepakbola nyaris tak terdengar, hanya sebuah catatan yang ditemukan sebagai eksekutif di salah satu klub lokal yang masih kalah pamor jika dibandingkan dengan klub Putra Gawang, Tunas Harapan, Kupang Putra, Bonak bahkan SSB Tunas Muda yang rajin melahirkan tunas-tunas muda sepakbola Kota Kupang.

Lain halnya dengan Ridwan Ansar, walaupun tidak sehebat Piter Fomeni atau Joni Lumba, pernah merumput di Lapangan Merdeka bersama Klub Tunas Harapan, satu-satunya lapangan yang telah mencetak banyak pemain hebat NTT.

Jika dilihat kedekatan dengan kekuasaan di NTT, sebagai politisi keduanya dimata Gubernur dan Wakil Gubernur punya porsi yang sama. Sebagai politisi senior, kedekatan Fary dan kedua petinggi NTT itu sudah terjalin ketika mereka bersama di DPR RI.

Baca Juga: Hajar Watford 2-1, Chelsea Kokoh di puncak

Berkat kedekatan kedua tokoh ini ASABRI bisa menggandeng Bank NTT sebagai mitra bayar asuransi bagi seluruh anggota TNI/Polri, ASN Kemenhan di wiilayah NTT dan penempatan modal investasi di Bank NTT dalam mendorong program daerah dan UMKM di NTT.

Sementara Christ sebagai politisi Nasdem tentu punya kedekatan emosional dengan Gubernur, tapi apakah Gubernur mendukung, perlu konfirmasi dan statement Gubernur, tapi rasanya tidak mungkin.

NTT butuh Ketua Asprov yang punya jaringan di lingkaran PSSI. Kejadian yang menimpa PSN Ngada di liga 3 nasional bisa jadi pelajaran yang mahal. Asprov membiarkan PSN berjuang sendiri.

Halaman:

Editor: Denis DH

Tags

Terkini

Dua Pasien Omicron di Indonesia Meninggal Dunia

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:24 WIB

Kapal Terbalik di Lingga, 11 Orang Hilang

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:20 WIB

Myanmar Hukum Mati Anggota Parlemen Suu Kyi

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:29 WIB

Kecelakaan Kapal di Malaysia, Enam WNI Meninggal

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:44 WIB

Marquez Lanjut Uji Kesiapan Fisik di Aragon

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:26 WIB

Ribuan Warga Baduy Kini Punya Dokumen Kependudukan

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:27 WIB

Turunkan Angka Stunting, Ini Strategi Pemerintah

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:22 WIB

Truk Tambang Meledak, 10 Orang Tewas

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:50 WIB

Kemlu RI Pastikan Enam WNI di Tonga Selamat

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:22 WIB

Akibat Mengantuk, Mobil Terjun ke Laut

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:00 WIB
X