Peneliti China Kembangkan Sedotan Ramah Lingkungan dan Dapat Dimakan

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB
Peneliti China Kembangkan Sedotan Ramah Lingkungan dan Dapat Dimakan
Peneliti China Kembangkan Sedotan Ramah Lingkungan dan Dapat Dimakan


DEPOK (eNBe Indonesia) - Para peneliti China telah mengembangkan sebuah sedotan ramah lingkungan jenis baru dan dapat dimakan yang tidak menggunakan mikroplastik.

Sedotan tersebut dapat terurai dengan cepat di lingkungan tanpa menimbulkan dampak negatif, lapor China Science Daily, seperti dilansir Xinhua, Kamis (20/1).

Sejumlah eksperimen menunjukkan bahwa sedotan itu akan hancur berkeping-keping dalam kurun 15 hingga 45 hari, atau bahkan hampir lenyap.

Baca Juga: Warga Kota Kupang yang Tinggal di Bantaran Kali Waspadai Banjir Bandang

Para peneliti mengembangkan sedotan baru yang dapat dimakan dan bebas mikroplastik, yang terbuat dari selulosa bakteri melalui biosintesis.

Sedotan tersebut menunjukkan performa mekanis yang lebih baik daripada sedotan kertas dan menghindari pemakaian perekat tambahan, papar artikel penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Advanced Functional Materials.

Sedotan berbasis selulosa bakteri itu dapat dibuat lebih tipis dari sedotan kertas meski dengan tuntutan performa yang sama.

Baca Juga: Tanah Longsor Terjadi di Kawasan Tenau Kupang

Dengan menggunakan pewarna yang layak dimakan atau ekstrak tumbuhan alami yang dimasukkan pada jaringan nanofiber 3D selulosa bakteri, berbagai warna dan rasa dapat diserap ke dalam sedotan untuk memberikan rasa yang lebih baik.

Sifat sedotan tersebut yang dapat dimakan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, menjadikan sedotan berbasis selulosa bakteri sebagai pengganti sedotan plastik yang lebih sehat dan ramah lingkungan.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

Imbas Dollar Turun, Harga Emas Naik

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:09 WIB

Presiden Akan Hadir dalam GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:18 WIB
X