Seorang Pria Tonga dijuluki 'Aquaman' Setelah Berenang Selama 27 Jam

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:19 WIB
Profil Tonga, Negara Kecil di Pasifik yang Diterjang Tsunami
Profil Tonga, Negara Kecil di Pasifik yang Diterjang Tsunami


DEPOK (eNBe Indonesia) - Lisala Folau, pria Tonga berusia 57 tahun yang mengaku berenang sekitar 27 jam setelah tersapu ke lautan selama tsunami dahsyat pada Sabtu (15/1), disebut-sebut sebagai real life Aquaman alias Aquaman di kehidupan nyata.

Cerita keberanian Folau menjadi viral di akun Facebook dan berbagai media sosial lainnya di Tonga.

"Real life Aquaman", tulis seseorang di Facebook, merujuk pada buku komik dan karakter di film.

"Legenda," bunyi unggahan lainnya.

Erupsi gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu menelan sedikitnya tiga korban jiwa, menyebabkan tsunami, menghancurkan desa, resor dan banyak bangunan, serta memutus jaringan komunikasi di negara berpenduduk sekitar 105.000 orang itu.

Baca Juga: Peneliti China Kembangkan Sedotan Ramah Lingkungan dan Dapat Dimakan

Folau adalah warga yang tinggal di Atata, pulau kecil terisolasi yang penduduknya berjumlah sekitar 60 orang.

Dirinya tersapu ke perairan saat gelombang menghantam daratan pada Sabtu sekitar pukul 19.00, katanya saat wawancara dengan kantor media Tonga Broadcom Broadcasting.

Folau mengatakan dirinya sedang melukis rumahnya ketika diberitahu oleh saudaranya bahwa ada tsunami. Tiba-tiba gelombang menerjang ruangan tempatnya bersantai.

Baca Juga: Warga Kota Kupang yang Tinggal di Bantaran Kali Waspadai Banjir Bandang

Ia lantas memanjat pohon untuk menyelamatkan diri. Namun saat hendak turun, gelombang kembali menyapu dirinya, kata Folau.

"Saya mengambang begitu saja, terbanting-banting oleh gelombang besar yang terus berdatangan," katanya kepada stasiun radio itu, dikutip Antara, Kamis (20/1).

Folau menuturkan bahwa dirinya terus mengambang dan kemudian perlahan-lahan berhasil berenang sejauh 7,5 km ke pulau utama, Tongatapu. Ia menjangkau pantai setelah 27 jam sekitar pukul 22.00 pada Minggu (16/1).

Baca Juga: Tanah Longsor Terjadi di Kawasan Tenau Kupang

Atata yang berada sekitar 8 km barat laut ibu kota Tonga, Nuku'alofa, atau yang berjarak tempuh 30 menit dengan perahu, hampir seluruhnya luluh lantak akibat tsunami yang menerjang pulau tersebut.

Perahu milik angkatan laut Tonga masih mendeteksi pulau-pulau yang lebih kecil sekaligus mengevakuasi orang-orang ke pulau utama.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

Imbas Dollar Turun, Harga Emas Naik

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:09 WIB

Presiden Akan Hadir dalam GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:18 WIB
X