Prabowo Sebut Tujuh Atensi dalam Menghadapi Ancaman Pertahanan Terhadap Indonesia

- Jumat, 21 Januari 2022 | 15:28 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (pic. bumn.go.id)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (pic. bumn.go.id)


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membeberkan sejumlah rencana dalam mengatasi berbagai ancaman pertahanan yang bakal dihadapi oleh Indonesia.

"Kebijakan pertahanan negara harus mampu dan menjadi solusi dalam menghadapi ancaman yang mungkin ditimbulkan dari dinamika lingkungan strategis nasional, regional maupun global," kata Prabowo dalam Rapim Kemenhan,dikutip RRI, Jumat (21/1).

Terdapat tujuh atensi yang disampaikan Prabowo dalam rapim tersebut.

Baca Juga: Prabowo Ungkap Ancaman Terhadap Pertahanan Indonesia

1. Meningkatkan kesiapan dan profesionalisme pertahanan keamanan untuk penanganan terorisme, radikalisme, sakratalisme, bahaya laten yang ada, bencana alam, bantuan kemanusiaan dan tugas visi perdamaian dunia.

2. Perkuat kerja sama pertahanan dan keamanan dengan negara-negara ASEAN, dan negara lainnya dalam rangka menciptakan saling percaya.

3. Mewujudkan satuan produksi di satuan-satuan TNI sesuai kebutuhan untuk optimalkan tugas TNI melalui operasi perang maupun operasi selain perang.

Baca Juga: Lonjakan Omicron, Luhut: Perjalanan Umroh Harus Diatur

4. Menyiapkan pertahanan wilayah pulau-pulau besar secara mandiri dengan penyiapan cadangan pangan, air, energi dan sarana dan prasarana lainnya guna wujudkan logistik pertahanan yang tersebar di seluruh NKRI

5. Memperkuat Coastal Missile System dan Coastal Surveillance System untuk melaksanakan pengendalian selat-selat strategis sesuai dengan adanya ALKI 1,2, dan 3.

Baca Juga: Kemendikbudristek Mendorong Sekolah untuk Mengoptimalkan Kembali PTM

6. Mewujudkan sinkronisasi penataan ruang pertahanan berupa ruang wilayah pertahanan, wilayah rinci pertahanan keamanan dan kawasan strategis nasional.

7. Melaksanakan evaluasi dan perbaikan di seluruh jajaran satuan kerja Kemenhan RI dan TNI.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

Imbas Dollar Turun, Harga Emas Naik

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:09 WIB

Presiden Akan Hadir dalam GPDRR 2022 di Bali

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:18 WIB
X