• Minggu, 3 Juli 2022

Lecehkan Budaya CACI Manggarai, Breldy Angela, Putri NTT 2022 Dihujat

- Senin, 23 Mei 2022 | 13:38 WIB
Breldy Angela
Breldy Angela


DEPOK (eNBe Indonesia) - Putri Indonesia NTT 2022, Breldy Angela, dihujan publik NTT, terutama publik Manggarai, karena melecehkan budaya Caci, dalam ajang fashion show di Jakarta.

Breldy Angela menampilkan kostum budaya Caci dalam sesi peragaan busana, padahal budaya Caci dan kostumnya hanya dipakai dan dilakoni kaum pria.

Pimpinan Sanggar Seni Riang Tanah, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marsel Nagus Ahang, S.H, merasa geram dengan sikap dari PT. Mustika Ratu, Tbk (MRAT) dan Yayasan Puteri Indonesia (PPI) 2022, karena dinilai telah melakukan pelecehan terhadap budaya Tarian Caci Manggarai yang dilakoni oleh perempuan dalam atraksi pemilihan Puteri Indonesia 2022.

Baca Juga: Sedulur Sandi Uno Brebes Deklarasi Dukung Sandiaga di Pilpres 2024

“Saya selaku pimpinan Sanggar Seni di Manggarai sangat marah, dan merasa kecewa atas penyelenggaraan pemilihan Puteri Indonesia yang digelar di Padang Room, Hotel The Westion, Jakarta Rabu 18 Mei 2022, dimana pada pemilihan Puteri Indonesia tersebut, beredar di Youtube dan Instagram tentang modefikasi tarian adat caci yang dilakoni oleh seorang perempuan”, ungkap Ahang dengan nada marah, seperti dilansir saranainformasi.com.

Ahang, selaku Pimpinan Sanggar Seni Riang Tanah Kabupaten Manggarai, yang juga anggota Peradi (Perhimpunan Advokad Indonesia) dan juga merangkap sebagai Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nusa Komodo Flores NTT, menegaskan pihaknya akan menggugat Putri Kus Wisnu Wardana dan Binggar Egidius Situmorang, untuk segera bertanggung jawab atas pelecehan terhadap budaya tarian Caci Adat Manggarai.

Baca Juga: Beberapa Tambang Emas Pernah Ambruk, Anggota DPR Minta Pengawasan Aktif Pemerintah

Ivan Nestorman, musisi ternama tanah air asal Manggarai, juga menyatakan keprihatinannya, dan menegaskan peragaan busana oleh Breldy Angela adalah sebuah pelecehan budaya Manggarai.

Aksi Bredly Angela ini bisa dilihat di saluran ini; https://youtube.com/channel/UCnyo1o2aN7M2q7gYhV32QWg.

Publik Manggarai di Jakarta menyayangkan aksi Putri NTT 2022 ini, karena aksi tidak terpuji ini terjadi bersamaan dengan pementasan Compang Cama Caci Manggarai di Jakarta Pusat kemarin (22/5/22).

pementasan Compang Cama Caci Manggarai di Jakarta Pusat


Tarian Caci

Tari Caci atau Tarian Berdarah merupakan warisan leluhur nenek moyang Manggarai, Flores, NTT, sebagai ungkapan syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, di pentaskan pada penyambutan acara-acara besar seperti Syukuran atas panen, penyambutan tamu terhormat atau tamu kenegaraan, syukuran pernikahan, penyambutan ulang tahun kenegaraan, dan ucapan syukur lainnya.

Tari Caci berasal dari kata Ca dan kata Ci. CA artinya satu dan CI artinya menguji. Jadi arti dari CACI itu sendiri adalah menguji ketangkasan satu lawan satu. Tari Caci itu sendiri atau tarian berdarah ini menunjukan jiwa kesatria, jiwa kepahlawanan, jiwa rela berkorban.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

NTT Jadi Pemasok Hewan Kurban Skala Nasional

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:14 WIB

Pasien Covid-19 Wisma Atlet Berjumlah Ratusan

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:08 WIB
X