• Minggu, 3 Juli 2022

Jelang Idul Adha 1443, Pemerintah Palembang Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

- Rabu, 22 Juni 2022 | 17:00 WIB
Vaksinasi PMK di Jateng Akan Dilaksankan Kamis 23 Juni 2022, Setelah Dapat 1.500 Dosis Vaksin dari Pusat (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)
Vaksinasi PMK di Jateng Akan Dilaksankan Kamis 23 Juni 2022, Setelah Dapat 1.500 Dosis Vaksin dari Pusat (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)

Palembang (eNBe Indonesia) - Maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda pastikan hewan kurban yang dijual untuk Idul Adha 1443 Hijriah dalam kondisi aman.

"Berdasarkan hasil pengecekan tim Dinas Peternakan Palembang ke tempat peternak dan pedagang sapi dan kambing, belum ditemukan satupun hewan untuk kurban yang terindikasi terjangkit PMK," kata Fitrianti di Palembang, Rabu.

Meskipun belum ditemukan hewan untuk kurban terjangkit PMK di pasaran, pihaknya terus berupaya mengingatkan warga agar teliti saat membeli sapi atau kambing.

Baca Juga: Sekjen PDIP Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Jangan Berpolitik

Baca Juga: Kapolri Bentuk Tim Peneliti Untuk PK Sidang Etik AKBP Brotoseno

"Warga kota pempek ini agar teliti saat membeli sapi dan kambing yang akan dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada 9 Juli 2022 untuk mengantisipasi menyembelih hewan kurban terjangkit PMK atau tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Dalam kondisi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), kata dia, warga harus teliti membeli hewan kurban sesuai syarat seperti sehat dan tidak cacat. Jika tidak teliti dikhawatirkan hewan kurban seperti kambing dan sapi yang dibeli tidak memenuhi syarat tersebut.

"Sesuai ketentuan, hewan yang dipotong untuk kurban dan dagingnya dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya harus sehat atau terbebas dari penyakit, tidak cacat, dan memiliki berat yang ideal," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Rusia dan Ukraina

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NTT Jadi Pemasok Hewan Kurban Skala Nasional

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:14 WIB

Pasien Covid-19 Wisma Atlet Berjumlah Ratusan

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:08 WIB
X