• Minggu, 3 Juli 2022

Danpaspamres Persiapkan Keamanan Presiden Dalam Kunjungan ke Rusia dan Ukraina

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:25 WIB
Jokowi dikabarkan akan bertemu dengan Vladimir Putin. (Foto: dok. Russian Embassy Jakarta)
Jokowi dikabarkan akan bertemu dengan Vladimir Putin. (Foto: dok. Russian Embassy Jakarta)

Jakarta (eNBe Indonesia) - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan  bertandang ke Rusia dan Ukraina pada akhir Juni 2022 sebagai upaya perdamaian kedua negara tersebut.

Oleh karena itu, sejumlah keamanan pun dipersiapkan. Sejauh ini Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo akan akan menjamin keamanan Presiden RI Joko Widodo.

"Dari internal kami sendiri, kami sudah mulai dari beberapa minggu, latihan sampai hari ini. Kami latihan terkait dengan bagaimana kira-kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kami antisipasi," kata Tri ketika dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Semua Pesawat Susi Air Ditemukan Selamat

Baca Juga: Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen

Danpaspampres lantas mencontohkan secara teknis pasukannya telah berlatih upaya penyelamatan Presiden manakala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya di kereta api, stasiun, hingga jalan.

Ia mengatakan bahwa pIhaknya juga menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya tidak ikut serta dalam beberapa kegiatan Presiden. Tim penyelamatan itu akan menggunakan pakaian dinas lapangan TNI.

"Namun, untuk main group-nya (grup utama), kami sendiri tetap penyelamatan dengan meng-cover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya tim penyelamatan punya tugas masing-masing, itu juga sudah kami siapkan," ujarnya.

Baca Juga: PDIP Tegaskan Partainya Sulit Bekerjasama dengan PKS dan NasDem

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NTT Jadi Pemasok Hewan Kurban Skala Nasional

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:14 WIB

Pasien Covid-19 Wisma Atlet Berjumlah Ratusan

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:08 WIB
X