• Jumat, 7 Oktober 2022

Bank Dunia Setujui Bantuan Kepada Indonesia Sebesar 750 Dollar AS Untuk Meningkatkan Pendapatan Pajak

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:42 WIB
Tangkapan layar Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia and Timor Leste Satu Kahkonen saat memberikan sambutan dalam Y20 Indonesia 2022 3rd Pre Summit: Sustainable and Livable Planet yang dipantau secara daring di Jakarta, Sabtu.  (Citro Atmoko)
Tangkapan layar Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia and Timor Leste Satu Kahkonen saat memberikan sambutan dalam Y20 Indonesia 2022 3rd Pre Summit: Sustainable and Livable Planet yang dipantau secara daring di Jakarta, Sabtu. (Citro Atmoko)

Jakarta (eNBe Indonesia) - Bank Dunia telah menyetujui dukungan keuangan terbaru kepada Pemerintah Indonesia senilai 750 juta dolar AS.

Dana tersebut untuk meningkatkan pendapatan pajak, memperkuat sistem perpajakan menjadi lebih merata, serta memperkuat kelembagaan dalam melakukan perencanaan dan belanja pembangunan yang lebih efisien.

Hal itu dijelaskan Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Moeldoko Ungkap Pemerintah Jamin Ketersediaan BBM Untuk Nelayan

Baca Juga: Penyesuaian Tarif Berlaku untuk 3.500 VA ke Atas, Warga Diminta Bijak Pakai Listrik

“Pandemi telah mempersempit ruang fiskal untuk belanja pembangunan Indonesia karena pendapatan negara yang rendah,” kata Satu Kahkonen.

Menurut dia, r​​​​​​eformasi fiskal akan mendukung pemulihan pasca pandemi di Tanah Air dengan menciptakan pemasukan yang lebih banyak dan mendukung perbaikan mutu belanja.

Dengan demikian, pembiayaan baru tersebut akan mendukung berbagai reformasi signifikan yang telah dilakukan Indonesia untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan hasil pembangunan, serta membantu transisi Indonesia menuju energi rendah karbon dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kapolda NTT Tegaskan Lagi Soal Larangan Pengiriman Sapi Betina ke Luar Daerah

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X