• Jumat, 7 Oktober 2022

Menkoinfo Minta Kolaborasi Pentahelix Untuk Pariwisata Holistik di Manggarai

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 11:06 WIB
Menkominfo Jhonny Plate  ( dok/ist)
Menkominfo Jhonny Plate ( dok/ist)

Labuan Bajo (eNBe Indonesia) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta kolaborasi dari semua pihak pentahelix untuk membangun pariwisata holistik di Manggarai Raya, Nusa Tenggara Timur.

"Gagasan besar pastoral Pariwisata Holistik perlu didukung oleh semua pihak yang menyentuh luas kehidupan umat. Kerja sama multi pihak dalam pentahelix Indonesia yaitu pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan pers," kata Menteri Johnny dalam sambutannya pada Festival Golo Koe Labuan Bajo, Sabtu malam.

Menurutnya, pariwisata dapat berdampak positif seperti meningkatkan kesejahteraan ekonomi, mendorong perjumpaan dan dinamika sosial, serta memperkaya kultur atau budaya.

Baca Juga: Tim Forensik Polri Akan Dampingi Komnas HAM Periksa TKP Duren Tiga

Baca Juga: Hentikan Intervensi Asing dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024

Johnny menilai pariwisata menjadi tulang emas untuk membangun kesejahteraan umum, mendorong persaudaraan dan persatuan global dalam keunikan bangsa, suku, bahasa, dan kultur.

Untuk itu, Johnny menekankan agar konsep Pariwisata Holistik yakni Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan yang diusung oleh Keuskupan Ruteng harus didukung secara penuh oleh semua pihak.

Kolaborasi multi pihak yang ada itu tentunya penting untuk memastikan gagasan dan konsistensi pembangunan dan pengembangan pariwisata holistik yang dibahas di Keuskupan Ruteng.

Baca Juga: Ajak Indonesia Berkain: Membaca Motif Wastra Sumba

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Artikel Terkait

Terkini

X