• Jumat, 7 Oktober 2022

Orangtua diingatkan Pentingnya Digital Parenting di Jaman Sekarang

- Senin, 15 Agustus 2022 | 09:55 WIB
anak gadget
anak gadget

Jakarta (eNBe Indonesia) - Di era serba didigital, penting bagi orang tua untuk mengenal, memahami, dan melakukan pola asuh di era digital (digital parenting).

Hal itu diungkapkan Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Dr. Indria Laksmi Gamayanti., MSi., Psikolog.

"Kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi dan konten digital perlu adanya pengawasan dan batasan agar anak terhindar dari dampak negatif terhadap psikis dan mental melalui teknologi digital, terutama yang berkaitan dengan adiksi gadget," kata Indria dalam keterangan pers, Senin.

Baca Juga: Seorang Pria diduga ditembak di Hadapan Istri dan Anak, Keluarga Tuntut Keadilan

Baca Juga: Pengguna Layanan Kereta Api Jarak Jauh Wajib PCR, Berikut Aturan Terbarunya

"Untuk itu, edukasi terkait pola asuh di era digital menjadi sangat penting guna terwujudnya literasi digital di berbagai kalangan usia, yang pada akhirnya berdampak positif pada tumbuh kembang anak yang sehat, bahagia, dan mampu bersosialisasi pada lingkungan sekitarnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Indria menjelaskan setidaknya terdapat empat strategi yang perlu diperhatikan para orang tua dalam menerapkan digital parenting saat ini.

Pertama, adalah pengenalan teknologi pada anak sesuai kebutuhan. Indria mengatakan, setiap anak memiliki kecenderungan minat berbeda terhadap produk teknologi. Ada yang sangat suka, sekadar suka, atau malah tidak terlalu suka dengan alat teknologi.

Baca Juga: Penyanyi Asal Indonesia Raih Juara Pertama Lomba Karaoke Internasional KWC di Norwegia

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X