• Kamis, 8 Desember 2022

Mahfud MD Soroti Kasus Hacker Bjorka: Belum Membahayakan Negara

- Senin, 12 September 2022 | 15:29 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD  (Dok. MPI)
Menko Polhukam Mahfud MD (Dok. MPI)

Jakarta (eNBe Indonesia) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa kasus kebocoran data negara yang heboh belakangan ini tidak terkait dengan data-data rahasia milik negara Republik Indonesia.

Selain itu, Mahfud juga mengatakan kasus tersebut belum membahayakan data negara karena data-data yang dibocorkan kepada publik justru merupakan hal-hal yang sudah diberitakan di media.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenkopolhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” ujar Mahfud saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin.

Baca Juga: PSN Kandaskan Kristal FC Kupang Pada Laga Perdana ETMC

Baca Juga: Masyarakat dan Warga Asing di Canggu Bali Kirim Petisi Kepada Presiden

“Jadi, belum ada yang membahayakan dan isu-isu yang muncul itu kan sudah ada di koran tiap hari, (berita mengenai) jadi presiden, ini, gini, kan cuma itu. Tidak ada rahasia negara dari yang saya baca,” tegas Mahfud.

Sebagai wujud tindak lanjut kasus itu, Mahfud menyampaikan bahwa pemerintah akan menggelar rapat untuk mendalami hal tersebut.

Sebelumnya, peretas yang mengaku sebagai "Bjorka" melalui grup Telegram mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden RI Joko Widodo, termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Hukuman Apa Yang Pantas diterima Ferdy Sambo? Berikut Pernyataan Hotman Paris!

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X