• Jumat, 7 Oktober 2022

Pemda Ngada dan Universitas Budi Luhur Jakarta Menginisiasi Kerjasama

- Jumat, 23 September 2022 | 18:44 WIB
Foto: Bupati Ngada Andreas Paru, SH, MH, Sekda Ngada Theodisius Yosefus Nono, S.Sos, Tim Universitas Budi Luhur, Para Pimpinan SKPD Kabupaten Ngada.
Foto: Bupati Ngada Andreas Paru, SH, MH, Sekda Ngada Theodisius Yosefus Nono, S.Sos, Tim Universitas Budi Luhur, Para Pimpinan SKPD Kabupaten Ngada.


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Pemda Kabupaten Ngada dan Universitas Budi Luhur Jakarta menginisiasi kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan. Audiensi ini berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Ngada tanggal 19 September 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Ngada, Andreas Paru, SH, MH, dan difasilitasi oleh Sekda Ngada, Theodisius Yosefus Nono, S.Sos., dihadiri Para Kepala Dinas, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Bagian Hukum dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Ngada, Para Kabid pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Sekolah di Kabupaten Ngada.

Dari Universitas Budi Luhur diwakili oleh Dr. Prudensius Maring, MA selaku Kepala Pusat Studi Budaya Luhur Nusantara dan Drs. Ahmad Pramegia, M.I.Kom selaku Kepala Pusat Studi Citarum Harum.

Baca Juga: Kalahkan Persarai Sabu Raijua 2-1, Persim Manggarai Melenggang ke Semifinal ETMC 2022

Pihak Universitas Budi Luhur memaparkan visi dan misi serta peluang kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dapat dilakukan bersama Pemda dan masyarakat Kabupaten Ngada. Bupati Ngada menyambut baik dan mendukung proses lanjutan untuk membangun kerjasama saling menguatkan untuk kemajuan bersama.

Visi pembangunan Kabupaten Ngada  yaitu terwujudnya masyarakat Ngada yang unggul, mandiri, dan berbudaya berbasis pertanian dan pariwisata berwawasan lingkungan diharapkan bersinergi dengan visi Universitas Budi Luhur yaitu berwawasan global berbasis kewirausahaan, teknologi, dan cerdas berbudi luhur.

Beberapa bidang yang dieksplorasi sebagai peluang kerja sama meliputi dukungan penyelenggaraan program merdeka belajar melalui program KKN tematik dan pertukaran belajar, penguatan inisiasi penerbitan dokumen pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah, digitalisasi pembangunan desa, digitalisasi budaya dan potensi pariwisata, dan pengelolaan bank sampah.

Baca Juga: Marselino Ferdinan, Pesepak Bola Top Indonesia Keturunan Kota Dingin Bajawa

Pemda Ngada membutuhkan dukungan riset untuk pengembangan harmonisasi program tani, ternak, nelayan, dan pariwisata  (tante-nela-paris) melalui orientasi pendayagunaan hasil untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ekonomi rumah tangga jangka pendek, alokasi tabungan, dan investasi jangka panjang.

Berbagai kebutuhan tersebut bisa disinergikan secara berkelanjutan melalui dukungan berbagai fakultas di lingkungan Universitas Budi Luhur yaitu Teknologi Informasi, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Soial dan Ilmu Politik, Komunikasi & Desain Kreatif, dan Teknik.

Acara audiensi dilanjutkan dengan kunjungan dan pemberian CSR ke Panti Asuhan Citra Nusantara  dan kunjungan ke arena pameran Wolobobo Ngada Festival 2022, Kampung Adat Bena, dan wisata alam Wolobobo.

Baca Juga: Liga Inggris: Manchester United Alami Kerugian Rp1,9 Triliun Musim 2021-2022

Keseriusan Bupati Ngada untuk mendukung kerjasama ini terlihat dari penunjukkan Bagian Pemerintahan untuk melanjutkan persiapan kerjasama dengan Universitas Budi Luhur Jakarta. Audiensi ini terlaksana atas fasilitasi Kasubag TU Pimpinan, Staf Ahli dan Kepagawaian – Donatus Meak, dan  Protokol Prokopim – Kantus Sugi.***



Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X