• Kamis, 8 Desember 2022

Catat, Inilah 5 Bansos Cair Bulan Ini, Oktober 2022, Berikut Cara Ceknya

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:24 WIB
Catat, Inilah 5 Bansos Cair Bulan Ini, Oktober 2022, Berikut Cara Ceknya
Catat, Inilah 5 Bansos Cair Bulan Ini, Oktober 2022, Berikut Cara Ceknya


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Berikut ini info daftar bantuan sosial (bansos) yang cair bulan ini, Oktober 2022. Sebagian bansos ini telah dicairkan mulai September lalu dan masih berproses.

Inilah daftar bansos yang cair bulan ini yang dirangkum Kilas24.com, lengkap dengan cara cek dan jadwal pencairannya. Bansos menjadi salah satu cara pemerintah membantu warga untuk memenuhi kebutuhan dasar.

1. BLT BBM

BLT BBM merupakan bansos yang dicairkan untuk menjaga daya beli masyarakat akibat kenaikan harga BBM. Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp12,17 triliun untuk BLT BBM.

Jadwal BLB BBM cair seturut informasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) ialah pada September dan Desember. Namun, di beberapa lokasi BLT BBM masih cair pada bulan ini. Untuk info terdata sebagai penerima BLT BBM, silakan akses laman cekbansos.kemensos.go.id

Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima Rp150 ribu per bulan selama 4 bulan yaitu untuk September hingga Desember. Pencairan BLT BBM dilakukan dua kali yakni pada September dan Desember dengan nominal Rp300 ribu.

Baca Juga: Tidak Hadir di Sidang Perdana Perceraiannya, Dedi Mulyadi Pilih Bantu Warga

2. Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 atau BLT subsidi gaji

BSU 2022 direncanakan cair setiap minggu untuk 1 juta hingga 2 juta pekerja atau buruh. Kepastian pencairan itu disampaikan Kemnaker selaku pengelolah anggaran BSU 2022.

BSU 2022 atau BLT subsidi gaji dicairkan melalui bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri dan BTN) serta BSI untuk Wilayah Aceh dan Kantor Pos bagi yang tidak punya rekening bank Himbara.

Pada pekan ini, BSU 2022 senilai Rp600 ribu cair untuk tahap ke-4 dengan menyasar 1,2 juta pekerja. Untuk info cek penerima BSU, Anda bisa mengakses laman bsu.kemnaker.go.id.

Baca Juga: Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Cara Daftar dan Syarat KIP Kuliah 2022

3. BLT UMKM

BLT UMKM bakal cair Oktober hingga Desember 2022 sebesar Rp600 ribu. BLT UMKM ini berasal dari anggaran belanja wajib daerah untuk perlindungan sosial.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun anggaran 2022 menyatakan, dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial untuk periode bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2022.

4. Bansos PKH

Selain BLT BBM, Banso PKH juga kembali cair pada Oktober 2022. Hingga triwulan 3 tahun 2022, bansos PKH sudah cair 74,3 persen dari total anggaran atau setara dengan Rp21,3 triliun.

Adapun, bansos PKH untuk 3 bulan terakhir tahun 2022 akan mulai dicairkan minggu ini. Besaran bansos PKH ini didasarkan pada beberapa aspek, yaitu kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan.

Baca Juga: Polri Limpahkan Tersangka Ferdy Sambo Cs ke Kejagung

Misalnya aspek kesehatan, apakah ibu yang ada di keluarga penerima manfaat itu sedang hamil atau tidak. Jika sedang hamil maka akan mendapatkan Rp3 juta dalam 1 tahun.

Kemudian ada balitanya atau tidak. Jika ada beritanya, maka diberikan tambahan Rp3 juta dalam satu tahun.

Kemudian, aspek pendidikan. Jika di dalam keluarga penerima manfaat memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), maka akan mendapat tambahan bantuan sebesar Rp900 ribu per tahun.

Selain itu, jika memiliki anak yang duduk di bangku SMP, akan ditambah Rp1,5 juta per tahun, sedangkan tingkat SMA diberi tambahan Rp2 juta per tahun.

Baca Juga: HUT ke-77 TNI, Presiden Minta TNI dan Polri Bersinergi Sukseskan Agenda Nasional

Sementara, pada aspek kesejahteraan, Misalnya dalam keluarga penerima manfaat ada anggota keluarga yang cacat atau disabilitas, maka akan ada tambahan bantuan sosial senilai Rp2,4 juta per tahun.

5. BPNT

BPNT disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero). Adapun, besaran bantuan BPNT 2022 sebesar Rp2,4 juta per tahun. Senilai Rp200 ribu per bulan. Informasi pencairan BPNT bulan ini dapat dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id.***

Sumber : kilas24.com

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X