• Kamis, 8 Desember 2022

KDRT Jadi Sorotan, Kasus di Banyuwangi Cukup Signifikan, Rata-Rata Karena Faktor Ekonomi

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi KDRT, Banyuwangi mengalami trend KDRT yang signifikan karena latar belakang ekonomi (Pexels)
Ilustrasi KDRT, Banyuwangi mengalami trend KDRT yang signifikan karena latar belakang ekonomi (Pexels)

Banyuwangi (eNBe Indonesia) - Belakangan ini kasus KDRT menjadi sorotan dan banyak diperbincangkan warganet dengan berbagai latarbelakang, termasuk faktor ekonomi.

Berkenaan dengan hal tersebut itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Banyuwangi, Henik Setyorini menginformasikan trend kasus KDRT di Banyuwangi kebanyakan disebabkan faktor ekonomi yang kurang mapan.

Kasus yang terjadi cukup signifikan, dilihat dari 16 jumlah keluarga yang renggang akibat persoalan ekonomi yang belum mapan.

Selain itu, dia menyebut jika di Banyuwangi disinyalir masih banyak kasus serupa yang belum terkontrol dan dilaporkan ke pihak Dinsos PPKB Banyuwangi.

Baca Juga: Presiden Minta Kementrian PUPR Audit Stadion Kanjuruhan Malang Dalam Waktu Sebulan

"Jadi angka KDRT ini berdasarkan pengaduan yang masuk ke kami. Kemungkinan di lapangan ada kasus serupa, tapi tidak dilaporkan," kata Henik, Rabu (5/10/22).

Sebanyak 16 angka yang terhitung terdiri dari kekerasan yang berbeda. Adapun rinciannya, kekerasan psikis 11, kekerasan seksual 3, kasus penelantaran 2.

"Faktor penyebab yang paling banyak itu karena urusan ekonomi biasanya. Dari situ akhirnya orang bekerja ke luar negeri. Maupun jika tidak ke luar negeri, terpisah lah, akhirnya LDR (hubungan jarak jauh)," cetusnya.

Lalu, dari pola komunikasi jarak jauh tersebut timbul unsur-unsur kerenggangan dan membuat hubungan kurang harmonis. Disaat sudah pulang ke rumah tidak sesuai yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Sumber: malang.suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X