• Kamis, 8 Desember 2022

PESPARANI KATOLIK TINGKAT NASIONAL II: Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 23:54 WIB
Panitia Pesparani Nasional II Kupang
Panitia Pesparani Nasional II Kupang


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Lembaga Pembinaan Pengembangan PESPARANI Katolilk Nasional (LP3KN) akan melaksanakan event skala nasional yaitu, PESTA PADUAN SUARA GEREJANI (PESPARANI) KATOLIK TINGKAT NASIONAL KEDUA yang akan diselenggarakan di Kupang, tanggal 28-31 Oktober 2022. PESPARANI KATOLIK TINGKAT NASIONAL PERTAMA diadakan di Ambon, Maluku 28 Oktober sampai 5 November 2018.

PESPARANI merupakan kegiatan pembinaan pengembangan iman umat Katolik di seluruh Indonesia melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya liturgi dan non-liturgis yang secara formal dilakukan oleh Lembaga Pembinaan Pengembangan PESPARANI Katolilk Nasional (LP3KN).

LP3KN disahkan oleh Direktorat Jenderal Bimbangan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia dan direstui oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Pengesahan LP3KN pada bulan Desember 2018 dan dilantik oleh KWI pada bulan Februari 2018.

Baca Juga: KDRT Jadi Sorotan, Kasus di Banyuwangi Cukup Signifikan, Rata-Rata Karena Faktor Ekonomi

Sebagaimana dalam gelaran PESPARANI I, PESPARANI II ini mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat, Gereja Katolik (KWI), Pemerintah Daerah Provinsi/Kota setempat (Pemda Provinsi asal kontingen), dan apresiasi dari berbagai organisasi sosial keagamaan dan kemasyarakatan di Provinsi NTT terkait dengan pelaksnaan dan partisipasi di lapangan demi lancar, aman, dan suksesnya acara nasional ini.

PESPARANI merupakan momen pertemuan terbesar umat Katolik se-Indonesia secara nasional. PESPARANI DI NTT ini diperkirakan akan dihadiri lebih dari 3.000 peserta dan official dari 34 provinsi.

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan membuka secara resmi PESPARANI Nasional II di NTT pada tanggal 28 Oktober 2022 dan akan ditutup oleh Wakil Wakil K.H. Ma’ruf Amin pada 31 Oktober 2022.

Tema yang diusung pada PESPARANI NASIONAL II ini adalah “Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju”.

Baca Juga: Presiden Minta Kementrian PUPR Audit Stadion Kanjuruhan Malang Dalam Waktu Sebulan

Selain untuk menumbuhkembangkan benih iman di tengah umat, PESPARANI ini juga diharapkan dapat menggerakkan atau memutar perekonomian UMKM di seluruh Indoensia, Provinsi NTT, dan khususnya di Kota/Kabuten Kupang sendiri.

Penentuan pembukaan pada tanggal 28 Oktober tidak sekedar kebetulan saja. Pada tanggal 28 Oktober 1928 pada akhir Kongres, para pemuda juga mendeklasikan Sumpah Pemuda yang merupakan salah satu tonggak penting bagi proses perjuangan menunju kemerdekaan yang diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Maka, pembukaan ini sekaligus juga ingin mengenang, merayakan, dan memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut.

Baca Juga: Nasdem Usung Anis Capres 2024: Beberapa Pertanyaan Penting

"PESPARANI Katolik Nasional II juga melambangkan kehidupan beragama di Indonesia yang plural dan harmonis, seperti ditunjukkan dengan keterlibatan organisasi lintas agama dalam kepanitiaan, merupakan suatu bentuk konkret dari penguatan hubungan sesama anak bangsa.

"Semoga pelaksanaan PESPARANI Katolik Nasiolan II di Kupang, NTT akan menyebarkan keharmonisan dan kerukunan ke seluruh Indonesia," pinta Muliawan Margadana Ketua Bidang Humas LP3KN.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X