• Kamis, 8 Desember 2022

Masih Ada Rp6,19 Triliun untuk BLT BBM Cair November, Segera Cek di cekbansos.kemensos.go.id

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Masih Ada Rp6,19 Triliun untuk BLT BBM Cair November, Segera Cek di cekbansos.kemensos.go.id
Masih Ada Rp6,19 Triliun untuk BLT BBM Cair November, Segera Cek di cekbansos.kemensos.go.id


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Anggaran BLT BBM masih tersisa Rp6,19 triliun. Dana BLT BBM itu akan cair pada November 2022 kepada para penerima manfaat.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan BLT BBM yang bertujuan meringankan beban ekonomi dan menjaga daya beli rumah tangga miskin/rentan sebagai dampak naiknya harga BBM ini, telah terealisasi Rp6,2 triliun atau 50 persen dari jumlah anggarannya Rp12,39 triliun.

“Jadi saat ini yang sudah tersalurkan itu Rp6,2 triliun,” ungkap Isa saat Media Briefing terkait Bantuan Sosial di Jakarta baru-baru ini.

Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat yang masing-masing menerima Rp150 ribu/bulan/KPM.

Baca Juga: Liga Champions: Chelsea Rontokkan Milan, PSG Imbang vs Benfica

Tahap I pada Bulan September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp300 ribu yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.

Untuk penyaluran tahap kedua direncanakan akan disampaikan pada November. Penyaluran tahap 2 ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk November dan Desember.

“September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM,” ujar Isa.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memaparkan pengalihan subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM dialokasikan sebesar Rp24,17 triliun yang terdiri atas dua jenis.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-17: Indonesia Bungkam UEA 3-2

Pertama, bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp600.000 yang akan diberikan kepada 14,6 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Kedua, BLT BBM yang akan diberikan kepada 20,65 keluarga penerima manfaat sebesar Rp150.000 per bulan, diberikan sebanyak empat bulan.

“Semoga bantuan sosial ini akan membantu meringkankan serta melindungi masyarakat rentan dan miskin dari tekanan gejolak kenaikan harga global sehingga angka kemiskinan Indonesia tetap dapat kita upayakan menurun,” tutur Menteri Keuangan.

Cara Cek BLT BBM 2022

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah termasuk dalam penerima manfaat bansos BLT BBM 2022 dapat mengecek dengan cara berikut ini.

Baca Juga: PESPARANI KATOLIK TINGKAT NASIONAL II: Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju

1 .Buka laman resmi cekbansos.kemensos.go.id atau klik link berikut ini https://cekbansos.kemensos.go.id/

2. Selanjutnya isi data dengan masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Masukkan kode yang terdapat dalam kotak diikuti dengan spasi. Jika huruf kurang jelas lakukan refresh untuk mendapatkan kode baru.
Terkini

5. Terakhir klik tombol ‘Cari Data’.***

Sumber : kilas24.com

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X