• Kamis, 8 Desember 2022

Saul De Ornay, Mantan Anggota DPR RI asal Larantuka Berpulang

- Kamis, 24 November 2022 | 07:56 WIB
Saul De Ornay
Saul De Ornay


DEPOK (eNBe Indonesia) - Publik NTT di Jakarta dan Bogor berduka atas berpulangnya Saul De Ornay, salah satu politisi nasional asal Larantuka, mantan anggota DPR RI periode 1999-2004, dari Fraksi PDIP Perjuangan Dapil NTT 1.

Saul meninggal pada Rabu (23/11/22) pada usia ke 70 tahun di rumah kediamannya, Cibinong, Bogor setelah menderita sakit cukup lama, tulis Fransiskus Roi Lewar di laman facebook Berita Flotim Terkini.

Saul meninggalkan istrinya, Ery Siahaan, yang berprofesi wartawan, dan anaknya Mario de Ornay.

Saul menyelesaikan SMP San Pankratio Larantuka, kemudian melanjutkan SMA Pertanian di Boawae. Sempat menjadi pegawai pertanian di Flores Timur namun panggilan menjadi wartawan lah yg membuat beliau ke Kupang, kemudian ke Denpasar Bali.

Di tahun 1970-an Saul memulai karir jurnalisnya di harian Suara Karya biro Denpasar dan sekitar tahun 1980-an Saul hengkang ke Jakarta dan bergabung dengan harian Sinar Harapan yang kemudian berganti nama menjadi Suara Pembaharuan. Sebagai wartawan, Saul bertugas di DPR RI.

Di situlah Saul berkenalan dengan Megawati Soekarnoputri yang jadi anggota DPR RI sejak tahun 1987. Hubungan Saul dengan Mega dan suaminya Taufik Kiemas begitu dekat.

Saul De Ornay, Mantan Anggota DPR RI asal Larantuka Berpulang


"Begitu khusus hubungan mereka, malah seperti keluarga sendiri saja, saking dekatnya saat awal membina rumah tangga, kaka Saul pernah tinggal di rumahnya Mbak Mega," tulis Fransiskus Roi Lewar.

Saul begitu dekat dengan PDI Perjuangan sejak masih PDI jaman Orde Baru hingga jatuhnya Pak Harto (Soeharto).

Saul termasuk salah satu yang merintis PDI Perjuangan NTT khususnya PDI Perjuangan Kabupaten Flores Timur (Flotim). Kemudian Mega mempercayakan Saul menjadi anggota DPR RI tahun 1999.

Saul eksis di DPR RI bersama Yakob Nuwa Wea (almarhum) dari Nagekeo dan Julius Bobo dari Manggarai, tulis Eugenio Pacely Towari di laman facebook. Eugenio Pacely Towari juga aktivis politik, berkarya bersama Saul dan John Boleng.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Seorang Pria

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:41 WIB

BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:30 WIB

Waspada, Banyak Berita Hoaks Pasca Gempa Di Garut!

Senin, 5 Desember 2022 | 15:03 WIB
X