Inilah Sosok Aipda Sofyan, Sosok Heroik Penghadang Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung

- Kamis, 8 Desember 2022 | 11:21 WIB
Aipda Sofyan adalah sosok heroik yang menghadang pelaku bom bunuh diri di markas polsek astanaanyar Bandung (Tribunews.com)
Aipda Sofyan adalah sosok heroik yang menghadang pelaku bom bunuh diri di markas polsek astanaanyar Bandung (Tribunews.com)

Bandung (eNBE Indonesia) - Seorang polisi, Aipda Sofyan gugur dalam kejadian bom bunuh diri di Markas Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/22). Sebelum tewas, Aipda Sofyan sempat menghadang pelaku di depan gerbang polsek.

Sementara itu, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung AKBP Sutorih mengatakan, korban sempat bersitegang dan mendapat ancaman dari pelaku yang mengacungkan senjata tajam.

"Pelaku bawa senjata tajam, Aiptu Sofyan mundur dan saat (pelaku) didorong, langsung meledak karena bawa bom," ujarnya.

Baca Juga: Ferdy Sambo Masih Bersikeras Bahwa Ia Tidak Pernah Memberikan Perintah 'Tembak' Kepada Eliezer

Menurut Sutorih, saat pelaku datang, anggota Polsek Astanaanyar sedang menggelar apel pagi. "Saat itu apel pagi, pintu gerbang ditutup. Pelaku memaksa masuk dan dihalangi Babinsa. Kebetulan saat itu almarhum yang menghalangi (pelaku) supaya tidak masuk," ucapnya.

Oleh sebab itu, Aipda Sofyan dianggap sebagai seorang pahlawan karena berusaha melindungi rekan-rekannya dari aksi bom bunuh diri.

"Beliau pahlawan karena beliau menghalangi pelaku. Kalau tidak ada beliau, mungkin hanya Allah yang tahu," ucapnya. Atas aksi heroiknya, Aipda Sofyan mendapat kenaikan pangkat menjadi Aiptu Anumerta.

Baca Juga: Eden Hazard Pensiun dari Timnas Belgia

Kepergian Aipda Sofyan membawa duka bagi keluarga. Perwakilan keluarga, Mustofa, menjelaskan, Sofyan adalah sosok yang dinilai paling bijaksana dalam keluarga. Dia kerap menyelesaikan masalah dalam keluarga dengan bermusyawarah.

Halaman:

Editor: Donita Gerina Tolio

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Strong results from BCA & the Hartonos

Minggu, 29 Januari 2023 | 19:29 WIB

Lantik 834 Anggota PPS, Simak Pesan Ketua KPU Ende

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:23 WIB

POS Indonesia Siap IPO, Terancam Bangkrut?

Kamis, 5 Januari 2023 | 09:19 WIB
X