Lantik 834 Anggota PPS, Simak Pesan Ketua KPU Ende

- Selasa, 24 Januari 2023 | 23:23 WIB
Lantik 834 Anggota PPS, Simak Pesan Ketua KPU Ende
Lantik 834 Anggota PPS, Simak Pesan Ketua KPU Ende


ENDE (eNBe Indonesia) - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Ende resmi melantik Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan pelantikan ini dipusatkan di Aula Auditorium Uniflor Ende, pada Selasa 24 Januari 2023.

Diketahui Sebanyak 834 Anggota PPS yang dilantik itu tersebar di 255 Desa, dan 23 Kelurahan di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Ende.

Pantauan media sebelum dilantik semua Anggota PPS terlebih dahulu mengucapkan sumpah dan janji yang dipandu langsung Ketua KPU Ende Maria Adolorata.

Dalam sambutannya Ketua KPU Ende Maria Adolorata Da Lopez Bi mengatakan bahwa ke-834 orang yang dilantik adalah orang orang pilihan.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Tebu Untuk Kesehatan Tubuh

Hal ini mengingat banyak yang mendaftar tapi sedikit yang dipilih dan pada hari ini resmi dilantik.

Diungkapkan Maria bahwa menjadi anggota PPS itu bukan sesuatu yang mudah tapi butuh perjuangan serta individu yang tangguh.

Maria juga menguraikan bahwa secara keseluruhan jumlah calon anggota PPS yang terdaftar di aplikasi Siakba sebanyak 1912 orang, yang lolos seleksi admimistrasi sebanyak 1330 orang, tersisa 1256 yang mengikuti seleksi wawancara, dan yang terpilih 831 orang sedangkan 3 orang lainnya itu KPU bekerjasama dengan lembaga pendidikan.

Oleh karena itu dirinya mengingatkan kepada Anggota PPS yang dilantik untuk jaga kinerja yang baik dengan mengedepankan asas profesionalitas. "Kalianlah orang-orang pilihan, bekerja harus sesuai regulasi, tidak untuk kepentingan satu dua calon," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Minta Aspirasi Soal Jabatan Kades Disampaikan ke DPR

Ia mengungkapkan bahwa usai dilantik, anggota PPS ini langsung diperhadapkan dengan tugas yakni membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (pentarlih) di desanya masing-masing. "Setelah pelantikan dan bimtek ini ada pekerjaan yang sudah menanti, tugas anda setelah ini adalah rekrut dan bentuk petugas pemutakhiran data pemilih didesa," terangnya.

Sementara itu Bupati Ende Djafar Ahmad menyampaikan proficiat kepada Anggota PPS yang barusan dilantik. "Bersama Wakil Bupati Ende saya menyampaikan proficiat kepada anggota PPS yang barusan dilantik," ungkap Bupati Djafar.

"Yang terpenting sumpah dan dan janji saudara-saudara kepada Tuhan yang Maha Kuasa untuk melaksanakan tugas-tugas secara bertanggungjawab," tambah Bupati.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP Dibuka Januari 2023, Cek Jadwal dan Syarat

Menurut Bupati Djafar bahwa kredibilitas dan kualitas pemilihan umum sangat ditentukan oleh kualitas dan profesionalitas kerja anggota PPS. "Pemilu dinilai sukses dan berhasil ketika tidak ada konflik yang terjadi pada saat pemungutan suara," terangnya.

Dirinya mengingatkan kepada 834 anggota PPS untuk bekerja menggunakan hati nurani, dengan menghindari diri untuk terperangkap dalam kepentingan-kepentingan yang menjadi sumber konflik atau masalah dalam pemilu, kedepankan regulasi yang menjadi dasar dan kekuatan dalam bekerja.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ende untuk sama sama mendukung setiap tahapan penyelenggaraan pemilu sejak persiapan hingga pelaksanaan pemilu serentak di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Diketahui turut hadir dalam kegiatan pelantikan Bupati Ende, Djafar Achmad, Forkopimda Ende, Bawaslu Ende, Pimpinan OPD tingkat Kabupaten Ende dan PPK.*** (TORRES)

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

Strong results from BCA & the Hartonos

Minggu, 29 Januari 2023 | 19:29 WIB

Lantik 834 Anggota PPS, Simak Pesan Ketua KPU Ende

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:23 WIB

POS Indonesia Siap IPO, Terancam Bangkrut?

Kamis, 5 Januari 2023 | 09:19 WIB
X