• Senin, 24 Januari 2022

Warga NTT di Nunukan, Terhormat?

- Jumat, 21 Juni 2019 | 04:15 WIB
ntt nunukan - Wisang Takimaka5
ntt nunukan - Wisang Takimaka5

DEPOK (eNBe Indonesia) - Nunukan di Kalimantan Utara selalu menjadi perhatian media nasional terutama terkait isu-isu tenaga kerja (TKI). Maklum, Nunukan jadi pelabuhan favorit bagi TKI yang ingin bekerja di Malaysia (Sabah). Meski, Negeri Sabah Malaysia hampir setiap pekan memulangkan (TKI ilegal) ke Nunukan.

Warga NTT di Nunukan pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Tentu mereka kerap dijadikan orangtua asuh atau saudara dekat bagi TKI asal NTT yang dipaksa tinggal lama di Nunukan akibat terganjal masalah passpor perjalanan. Pemerintah Kabupaten Nunukan pun melayani TKI dengan sangat baik. Pemda Nunukan membangun rumah susun bagi TKI di terminal penumpang Tunon Taka Nunukan.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengaku bangga pada warga NTT di Nunukan karena punya karakter baik. Dia berharap warga NTT bisa terus beradaptasi dan menyesuaikan diri, dengan begitu, kebinekaan di Nunukan dapat terjaga, bahkan makin kuat.

-
-
-


Bupati Cantik Nunukan ini ikut menari dan bernyanyi di Halal BiHalal dan Festival Kerukunan NTT di Nunukan pada 15 Juni lalu, ekspresi kecintaannya pada warga NTT. Menteri Pariwisata Arief Yahya turut hadir dan menadaskan bahwa kerukunan keluarga NTT membuat Nunukan semakin berwarna. Kegitan Halal Bihalal dan Festival ini diprakarsai oleh Forum Komunikasi Pemuda NTT.

"Terima kasih Pemda Nunukan yang telah memberi fasilitas kepada kami dalam acara halal bihalal dan pagelaran seni budaya NTT 2019. terima kasih para tokoh dan sesepuh NTT, Forkap NTT, sanggar tari Citra Pesona Lembata, etnis-etnis yang ada di kabupaten Nunukan dan seluruh masyarakat Nunukan yang telah memberi apresiasi yang tinggi terhadap budaya NTT," tulis Wisang Takimaka, politisi Golkar Nunukan asal NTT di laman facebook.

Ketua Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara Timur, Robby Nahak Serang, juga secara intensif mengajak warga NTT untuk aktif dalam setiap kegiatan budaya, sosial, agama, moment merajut toleransi dan kerukunan.

-
-
-


Sementara tokoh NTT di Nunukan yang aktif dalam dunia politik seperti Wilhelmus Wisang, (Golkar), Mu'minaty (Hanura), Stanislaus/Beda (PKB), Yustinus (PDIP), Simon sili (Nasdem), Yosep Taek sila (Demokrat), Darmansyah (Demokrat), dan Sebastian (PKPI).

Sebagian besar kegiatan seni dan budaya NTT di Nunukan dimotori oleh Takimaka Entertainment milik Wilhelmus Wisang. Para Oktober 2018 lalu, saat memeriahkan HUT Kabupaten Nununkan ke-19, Takimaka Entertainment menghadirkan artis nasional asal NTT Mario G KLau di sebuah konser di Nunukan, juga menghadirkan Babo dan Rill Fals serta stand-up comedi oleh BeJoices.

Pemuda Rumpun Keluarga Kelimutu Ende juga ambil bagian dalam acara Festival Perbatasan Kabupaten Nunukan April lalu, menampilkan tarian Gawi.

-
-
-
-
-


Oleh Hans Obor

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X