• Jumat, 7 Oktober 2022

Dukung Kearifan lokal, BPOLBF Beri Gong dan Gendang Untuk Masyarakat Kampung Kaper

- Selasa, 24 Mei 2022 | 13:22 WIB
Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina
Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina

LABUAN BAJO (eNBe Indonesia) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mendukung kearifan lokal budaya Manggarai Barat, NTT, dengan memberikan bantuan perangkat alat budaya bagi masyarakat Kampung Kaper.

"Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di Labuan Bajo, kami memberikan perangkat budaya berupa gong dan gendang agar masyarakat adat dapat terus menumbuhkan tradisi kebudayaan dan diwariskan turun temurun kepada anak-cucu," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina di Labuan Bajo, NTT, dikutip Antara, Selasa (24/5/2022).

Perangkat budaya berupa alat musik gong, gendang, dan bantal adat (tange) disimpan di rumah adat atau rumah gendang Kampung Kaper, Desa Golo Bilas.

Baca Juga: Gubernur Anies Canangkan Perayaan HUT DKI ke-495 di Pulau Bidadari

Melalui bantuan itu, Shana berharap budaya Manggarai tidak lekang oleh zaman, melainkan terus menerus diwariskan ke generasi muda.

Dengan demikian, anak cucu nanti bisa menceritakan kembali budaya itu dan ikut menjaga kearifan lokal masyarakat adat mereka sendiri.

Shana mengatakan bantuan itu telah BPOLBF serahkan kepada masyarakat adat pada Jumat (20/5).

Baca Juga: Rusia Akan Pertimbangkan Jika Barat Tawarkan Bangun Kembali Hubungan

Pada kesempatan itu, Shana meminta masukan dari para tokoh adat agar mereka bisa bersinergi membangun Labuan Bajo.

Dia menjelaskan bahwa seluruh program pemerintah pusat bagi daerah khususnya Manggarai Barat merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menumbuhkan masyarakat yang kuat, tangguh, dan berdaya saing.

"Itu bukti penghormatan kami terhadap masyarakat adat Kampung Kaper yang menjadi junjungan kami dalam menjalankan setiap kegiatan di Labuan Bajo. Kami berharap dukungan dan komunikasi yang baik dari masyarakat," ucap Shana.

Baca Juga: Dokter Sebut Kafein Akan Menimbulkan Efek Hipertensi Bagi yang Jarang Mengkonsumsinya

Sementara itu perwakilan masyarakat adat Kampung Kaper Frumens menyatakan dukungan masyarakat adat terhadap aktivitas BPOLBF yang ada di Labuan Bajo. Dia berterima kasih kepada BPOLBF atas dukungan bagi pelestarian kearifan lokal budaya Manggarai lewat pemberian bantuan peralatan budaya.

Selanjutnya dia berharap BPOLBF dapat berkoordinasi baik dengan masyarakat agar seluruh program berkelanjutan. Dengan demikian, kehadiran BPOLBF bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat Kampung Kaper.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wolobobo Ngada Festival & Semarak Tiga Etnis

Minggu, 18 September 2022 | 13:18 WIB

Ajak Indonesia Berkain: Membaca Motif Wastra Sumba

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:19 WIB

ASN wajib pakai sarung tenun, ada yang salah kaprah

Selasa, 19 Januari 2021 | 08:28 WIB

Patung Marilonga di Ende Direkonstruksi Ulang

Kamis, 9 Januari 2020 | 13:27 WIB
X