Badan Pangan Nasional Akan Salurkan Bansos Pangan Ramadhan Pada Awal April 2023

- Kamis, 30 Maret 2023 | 14:59 WIB
Ilustrasi bansos Ramadhan.
Ilustrasi bansos Ramadhan.

DEPOK (eNBe Indonesia) - Bantuan sosial (bansos) pangan ramadhan berupa beras 10 kg, telur dan ayam yang menurut rencana semula disalurkan pada awal ramadhan mengalami penundaan.
 
Hal ini dikatakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) selaku badan yang akan menyalurkan bansos pangan ramdahan in.

Meski demikian, Bapanas memastikan bansos tersebut akan disalurkan pada awal April 2023.

Baca Juga: Jasa Armada Indonesia Bukukan Laba Rp150,6 Miliar, Tumbuh 10%

"Dalam beberapa waktu ke depan artinya minggu depan ya. Nantinya bantuan sudah akan mulai digulirkan," kata Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa dalam Sosialisasi Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Pemberian Bantuan Pangan, di Jakarta, dikutip RRI, Kamis (30/3/2023).

Meski demikian, dia tidak merinci alasan jadwal penyaluran bansos pangan beras tersebut mundur dari rencana awal. Namun, berbagai kesiapan untuk penyaluran sudah rampung, mulai dari dokumen regulasi sebagai landasan hukum penyaluran bansos hingga data-data keluarga penerima manfaat (KPM) yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Nantinya, bansos pangan ini akan disalurkan melalui Pimpinan Wilayah (Pinwil) Perum Bulog di masing-masing daerah. Ia pun meminta agar dinas pangan dan sosial setempat dapat ikut melakukan pendampingan penyaluran bansos ini agar tepat sasaran.

Baca Juga: Gibran Sebut Akan Ada Ajang Lain di Kota Solo Kaliber Internasional Sebagai Ganti Pembatalan Piala Dunia U20

"Bantuan sudah akan mulai digulirkan melalui Pinwil-pinwil Bulog masing-masing di wilayah masing-masing. Kami juga harapkan Pinwil Bulog setelah mulai kick off sudah mulai berkoordinasi dengan teman-teman dinas sosial maupun dinas pangan setempat," ujarnya.

"Sehingga setelah puasa ininya akan kita lakukan pendistribusian secara baik. Kita harap bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menyebutkan bansos pangan berupa akan mulai disalurkan 30 Maret 2023 untuk 21,353 juta KPM di seluruh Indonesia. Bansos itu diberikan setiap bulan untuk periode Maret-Mei 2023 mendatang.***


Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X