Segera Daftar Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp4,2 Juta

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:14 WIB
Kartu Prakerja.
Kartu Prakerja.

DEPOK (eNBe Indonesia) - Pemerintah melanjutkan Kartu Prakerja pada 2023 dengan skema normal. Insentif Kartu Prakerja 2023 kini Rp4,2 juta.

Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 rencananya dibuka pada triwulan I tahun 2023. Kartu Prakerja 2023 dengan skema normal diatur dalam Perpres Nomor 113 Tahun 2022.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang berskema semi bantuan sosial (bansos), Kartu Prakerja 2023 murni merupakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

Baca Juga: Ibu Pelaku Aksi Mandi Lumpur di Tiktok Dapat Bantuan Pemerintah

Skema ini membuka kesempatan bagi penerima bansos lain seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan bansos lainnya untuk mendaftar Kartu Prakerja 2023.

Aturan Kartu Prakerja Tahun 2023

Program Kartu Prakerja tahun ini hanya menyasar 1 juta peserta seiring dengan perubahan dari skema semi bantuan sosial (bansos) ke skema normal. Nah, karena perubahan ini tentu saja anggaran yang dibutuhkan di 2023 pun berubah menjadi sebesar Rp4,37 triliun.

Namun, jumlah itu menyusut dibandingkan realisasi di 2022 yang sebanyak 4,98 juta peserta dengan anggaran mencapai Rp17,84 triliun atau terserap 99,12 persen dari anggaran yang disediakan sebesar Rp18 triliun.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kini peserta Kartu Prakerja bisa mendapat nilai bantuan atau insentif yang lebih besar dari sebelumnya yaitu Rp4,2 juta per individu dari sebelumnya Rp3,5 juta per individu.

Baca Juga: Sepuluh Orang Tewas Dalam Penembakan Massal Saat Perayaan Imlek di Los Angeles

Namun, pada skema normal ini, biaya pelatihan menjadi lebih tinggi ketimbang insentifnya. Berikut rincian insentif Kartu Prakerja 2023:

Insentif Kartu Prakerja 2023 terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600.000 yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Berbeda dari skema semi bansos sebelumnya, di mana peserta mendapat biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp2,4 juta yang diberikan sebanyak empat kali selama empat bulan (Rp600.000 per bulan), dan insentif survei sebesar Rp150.000.

Baca Juga: Prabowo dan Cah Imin Resmikan Sekretariat Bersama Gerindra dan PKB

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Menariknya lagi, di Program Kartu Prakerja tahun ini tidak ada lagi batasan peserta atau program Kartu Prakerja tahun ini dibuka pula untuk para penerima bansos dari kementerian/lembaga lainnya, seperti bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

1. WNI (warga negara Indonesia) berusia 18 tahun ke atas.
    
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Baca Juga: Rekor Kemenangan Axelsen Akhirnya Terhenti oleh Kunlavut di Final Turnamen Bulutangkis India Open 2023
    
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
    
4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
    
5. Maksimal 2 NIK (nomor induk kependudukan) dalam 1 KK (kartu keluarga) yang menjadi peserta Kartu Prakerja.

Baca Juga: AS Roma Menang Atas Spezia, Sementara Juventus Ditahan Imbang Atalanta pada Lanjutan Liga Italia Serie A

Selanjutnya untuk mendaftar, lakukan dengan cara:

1. Buka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar.

2. Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Klik ‘Daftar’.

3. Lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email.

4. Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id.

5. Masuk ke dashboard, kemudian verifikasi KTP dan KK.

Baca Juga: Barca dan Madrid Cetak Kemenangan Atas Lawan-Lawannya di Liga Spanyol

6. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto Anda.

7. Verifikasi nomor telepon, lalu klik ‘Kirim’.

8. Isi deklarasi survei.

9. Terakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: kilas24.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPNT Cair Akhir Januari, Simak Cara Pencairannya

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:36 WIB

Cek Pencairan BLT Anak Sekolah di Sini

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:22 WIB

Aktivasi Segera Rekening PIP Agar Rekening Kamu Cair

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:52 WIB
X