Simak Informasi Waktu Pencairan KLJ dari Dinsos DKI Jakarta

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:28 WIB
Warga penerima manfaat Kartu Lansia Jakarta
Warga penerima manfaat Kartu Lansia Jakarta

DEPOK (eNBe Indonesia) - Masyarakat ramai mencari informasi kapan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) cair? Simak informasi pencairan KLJ 2023 dari Dinsos DKI Jakarta.

Untuk diketahui bahwa KLJ merupakan  bantuan dari Pemprov DKI Jakarta untuk para lansia berusia 60 tahun ke atas dan terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bantuan ini diberikan tunai oleh Dinas Sosial DKI Jakarta melalui Bank DKI.

Biasanya KLJ cair bersamaan dengan dua bantuan lainnya yakni Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). Perbedaannya terdapat pada nominal dana bantuan yang diterima.

Baca Juga: Segera Daftar Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp4,2 Juta

Lantas KLJ, KAJ, dan KPDJ mulai cair tanggal berapa? Berikut informasi jadwal pencairan dari Dinsos DKI Jakarta. Melalui Instagram resminya, Dinas Sosial memberikan informasi kapan KLJ Januari 2023 cair. Dinsos DKI menyebutkan bahwa bantuan KLJ, KAJ dan KPJD akan diusahakan cair 3 bulan sekali.

“Terkait pendistribusian PKD (pemenuhan kebutuhan dasar) akan diusahakan dapat turun 3 bulan sekali ya, terimakasih,” tulis Dinsos DKI, dikutip Senin (16/1/2023).
Syarat Dapatkan KLJ 2023

Secara umum, syarat untuk mendapat bantuan KLJ 2023 tidak berubah. Yang kemungkinan berubah ialah jumlah penerima karena DTKS bersifat dinamis karena kematian, bencana atau hal lainnya.

Baca Juga: Ibu Pelaku Aksi Mandi Lumpur di Tiktok Dapat Bantuan Pemerintah

Dinas Sosial DKI Jakarta sebelumnya menjelaskan terdapat 2 syarat mutlak penerima KLJ yakni diberikan kepada warga Jakarta, berusia minimal 60 tahun dan masuk dalam DTKS

Jika belum terdata di DTKS, warga jakarta dapat mendaftarkan diri secara online melalui laman https://dtks.jakarta.go.id. Adapun, pemutakhiran data DTKS digelar sebanyak empat kali dalam setahun.

Untuk mengingatkan syarat atau kriteria mendaftarkan diri di DTKS ialah ber-KTP DKI, tidak memiliki kendaraan bermotor roda empat, memiliki rumah dengan NJOP di bawah Rp 1 miliar dan dinilai tidak mampu yang dibuktikan oleh lingkungan.

Baca Juga: Sepuluh Orang Tewas Dalam Penembakan Massal Saat Perayaan Imlek di Los Angeles

Kemudian, data lansia yang masuk DTKS di Pusdatin Dinsos DKI Jakarta selanjutnya diserahkan kepada petugas pendata dan pendamping jaminan sosial untuk digelar musyawarah kelurahan (Muskel) yang dihadiri oleh RT, RW, LMK dan PKK.

Nantinya, hasil muskel ini yang menentukan prioritas warga lansia mana saja yang berhak mendapatkan program Kartu Lansia Jakarta. Muskel diperlukan mengingat keterbatasan kuota penerima bantuan jaminan sosial.

Selain menerima dana Rp600.000 per bulan, lansia pemegang KLJ juga masih menerima manfaat lainnya dari Pemprov DKI Jakarta seperti, gratis naik Jaklingko dan bus Transjakarta serta dapat membeli paket sembako bersubsidi atau pangan murah yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: kilas24.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPNT Cair Akhir Januari, Simak Cara Pencairannya

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:36 WIB

Cek Pencairan BLT Anak Sekolah di Sini

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:22 WIB

Aktivasi Segera Rekening PIP Agar Rekening Kamu Cair

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:52 WIB
X