• Senin, 24 Januari 2022

Sadari Modus Mafia Tanah

- Kamis, 25 November 2021 | 17:21 WIB
Artis Nirina Zubir.  (Sumber : Instagram @nirinazubir_)
Artis Nirina Zubir. (Sumber : Instagram @nirinazubir_)


DEPOK (eNBe Indonesia) - Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra, mengatakan bahwa kasus penyalahgunaan sertifikat tanah yang dihadapi pesohor Nirina Zubir, menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk lebih sadar dan paham terkait masalah mafia tanah.

Surya menyatakan bahwa kebanyakan modus dari mafia tanah itu pemalsuan dokumen dan kejahatan penggelapan. Dan biasanya orang-orang dekat atau orang kepercayaanlah yang memiliki akses terhadap sertifikat asli, lalu memodifikasinya, dialihkan, dijual, atau diagunkan, seperti yang menimpa Nirina Zubir.

Oleh karena itu Surya menyarankan agar masyarakat lebih baik mengurus sendiri sertifikatnya. Kementerian ATR/BPN juga akan terus melakukan sosialisasi terkait kemudahan mengurus kepemilikan tanah.

Surya juga mengingatkan bahwa penguasaan fisik secara nyata terhadap tanah juga perlu terlihat, untuk mempersempit peluang mafia tanah bertindak. BPN lanjutnya, tidak punya kewenangan memeriksa kebenaran materil dari sebuah permohonan.

Surya juga menegaskan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menggalakkan transformasi digital dan pelayanan elektronik. Ini sebagai salah satu dari upaya menekan ruang gerak mafia tanah.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

OTT di Langkat, KPK Amankan Sejumlah Uang

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:30 WIB

Seorang Prajurit Gugur Saat Kontak Senjata di Maybrat

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:01 WIB

Pelaku Utama Penusukan Anggota TNI AD Ditangkap

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:05 WIB
X