Buang Sine: Informasi dari Masyarakat Bukan Sekadar Asumsi, Kami Pernah Membuktikannya

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:01 WIB
Simon Junion Buang Sine atau akrab disapa Buang Sine, anggota TPFI dan mantan polisi di Polda NTT. (Tangkapan Layar Youtube/eNBe Indonesia)
Simon Junion Buang Sine atau akrab disapa Buang Sine, anggota TPFI dan mantan polisi di Polda NTT. (Tangkapan Layar Youtube/eNBe Indonesia)

KUPANG (eNBe Indonesia) -- Mantan penyidik Polda NTT yang cukup berpengalaman menangani kasus kriminal besar di NTT, Buang Sine, menyayangkan sikap yang diambil oleh Polda NTT dalam menangani kasus pembunuhan Astri Manafe dan Lael Maccabee di Kupang.

Hal itu karena pernyataan Polda NTT yang tidak menerima begitu saja informasi yang dilaporkan oleh masyarakat mengenai kasus pembunuhan Astri dan Lael.

Belajar dari pengalamannya sebagai penyidik pembantu di Polda NTT, anggota TPFI ini mengatakan bahwa informasi yang diperoleh masyarakat bisa menjadi dasar atau rujukan untuk mengejar kebenaran fakta di lapangan.

Baca Juga: Buang Sine Minta Polda NTT Segera Pasang 'Police Line' di Patung Garuda

Buang Sine telah menangani kasus pembunuhan di NTT sejak awal tahun 1990 hingga pensiun dini pada 2020 lalu.

Selama penanganan kasus pembunuhan, dia selalu mendengar informasi dari masyarakat dan berusaha menjemput bola dengan mendatangi pemberi informasi untuk ditanyai dan didalami lebih lanjut.

"Informasi sekecil apapun dari masyarakat harus ditindaklanjuti. Okay? Kami pernah melakukan itu. Tidak ada satu pun informasi masyarakat yang kami abaikan. Mendapat informasi dari masyarakat, kami langsung bergerak jemput bola," katanya melalui akun Facebooknya, Sabtu (22/1).

Baca Juga: Penelitian Terbaru AS: Vaksin Booster Mampu Atasi Penyebaran Omicron

Dia mengatakan pihaknya tidak pernah menepis informasi sekecil apapuan dari masyarakat. Apa yang dibicarakan masyarakat bukan semata-mata asumsi atau opini, melainkan petunjuk-petunjuk yang bisa ditelusuri lebih lanjut oleh penyidik.

Halaman:

Editor: Denis DH

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendukung ISIS Menyerahkan Diri di Poso

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:55 WIB
X