• Jumat, 7 Oktober 2022

Indra Kenz Diancam Hukuman 20 Tahun Penjara

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:45 WIB
Indra Kesuma alias Indra Kenz menjalani sidang perdana di PN Tangerang. (Foto: PMJ News/Dok Net)
Indra Kesuma alias Indra Kenz menjalani sidang perdana di PN Tangerang. (Foto: PMJ News/Dok Net)


TANGERANG (eNBe Indonesia) - Indra Kusuma atau Indra Kenz terancam mendekam di penjara selama 20 tahun. Terdakwa kasus investasi bodong Binomo dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) itu didakwa pasal berlapis.

Hal itu terkait informasi dan transaksi elektronik, penipuan dan penggelapan serta pencegahan TPPU. Indra menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Jumat (12/8/22).

"Kami dakwakan dengan pasal 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang," ujar Agung Susanto, jaksa penuntut umum di PN Tangerang, saat diliput RRI.co.id. "Serta Pasal 4 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang."

Selain itu, jaksa juga mendakwa crazy rich asal Medan tersebut dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Khususnya Pasal  45A ayat 1 juncto Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga: Lifter Indonesia Tambah Koleksi Emas di ISG 2021

Persidangan yang digelar secara tatap muka itu tidak menghadirkan terdakwa. Indra Kenz mengikuti persidangan secara daring di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Setelah pembacaan dakwaan, Ketua Majelis Hakim Rachman Rajaguguk bertanya apakah terdakwa akan mengajukan eksepsi atau menyerahkan kepada pengacaranya. "Saya serahkan kepada penasehat hukum saya," kata Indra, menjawab majelis hakim.

Sidang tersebut juga dihadiri puluhan korban penipuan dan investasi Binomo. Mereka sempat berunjuk rasa dan merusak karangan bunga dukungan untuk terdakwa.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

KPK Blokir Rekening Istri Lukas Enembe

Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:20 WIB

Menkopolhukam Pilih 13 Orang Anggota TGIPF

Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:13 WIB

Oknum Guru di Nagekeo Cabuli Siswinya

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:13 WIB
X