• Jumat, 7 Oktober 2022

Sempat 4 Kali Bolak Balik, Berkas Perkara Ira Ua Dinyatakan Lengkap, Suaminya Randy Masih Proses Banding

- Selasa, 20 September 2022 | 06:07 WIB
Ira Ua saat ditahan di ruang Tahti Polda NTT sejak Rabu (25/5/22) malam sekitar pukul 23.00 wita (Foto: katantt.com)
Ira Ua saat ditahan di ruang Tahti Polda NTT sejak Rabu (25/5/22) malam sekitar pukul 23.00 wita (Foto: katantt.com)


KUPANG (eNBe Indonesia) - Jaksa peneliti Kejaksaan Tinggi NTT menyatakan berkas perkara pembunuhan ibu dan anak dengan tersangka Ira Ua (istri terpidana Randy Badjideh) dinyatakan lengkap atau P21. Berkas ini sempat bolak balik dari penyidik Polda NTT ke Kejaksaan Tinggi NTT sebanyak 4 kali.

Kasi penkum Kejati NTT, Abdul Hakim dalam keterangannya, Senin (19/9/22), petang menyampaikan berkas perkara Ira Ua alias IU dinyatakan lengkap.

"Hari ini berkas perkara tersangka IU dinyatakan lengkap oleh JPU setelah dilakukan eksposes," kata Abdul Hakim.

Ia menambahkan, berkas perkara yang telah lengkap usai digelarnya ekspose bersama pihak penyidik Polda NTT bersama Jaksa Penuntut Umum Kejati NTT, di kantor Kejaksaan Tinggi NTT.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat ke NTT Masih Tinggi, Segera Turun 15% ?

"Berkas perkara pembunuhan atas nama tersangka IU dinyatakan lengkap (P21) oleh Penuntut Umum dengan nomor : B1987/N.3/Eoh.1/09/2022 tanggal 19 September 2022," terang Abdul Hakim.

Penyidik kepolisian Polda NTT sempat melimpahkan berkas perkara kasus pembunuhan ibu dan anak dengan tersangka Ira Ua.

Ira Ua merupakan istri dari terpidana mati Randy Badjideh yang sudah diputus hakim hukuman mati namun masih melakukan banding.

Jaksa peneliti berkas perkara pada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT) sudah menerima berkas perkara kasus dugaan tindak pidana pembunuhan ibu dan anak tersebut.

Baca Juga: Usai Kalah, Malaka Dukung Lembata Juara ETMC

Berkas kasus dugaan tindak pidana pembunuhan tersebut diterima jaksa peneliti berkas perkara Kejati NTT, setelah tim penyidik Ditreskrimum Polda NTT memenuhi petunjuk jaksa peneliti.

Kajati NTT, Hutama Wisnu, SH, MH, melalui Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim, SH, Senin (12/9/22) membenarkan hal itu.

Dijelaskan Abdul, berkas kasus dengan tersangka Ira Ua alias Ira telah diterima oleh jaksa peneliti berkas Kejati NTT. Setelah menerima berkas tersebut, maka jaksa akan meneliti apakah sudah sesuai dengan petunjuk jaksa atau tidak.

"Akan diteliti lagi oleh jaksa peneliti berkas perkara Kejati NTT. Apakah sudah dipenuhi penyidik Polda NTT sesuai petunjuk atau tidak," ujar Abdul.

Baca Juga: Sentil Pernyataan AHY, Anggota PDIP: Masyarakat Lebih Senang di Jaman Jokowi Daripada SBY

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy kepada wartawan mengaku bahwa berkas perkara Ira Ua, tersangka dalam pembunuhan Astri Manafe dan anaknya Lael Maccabee saat ini sudah berada di tangan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kabid Humas Polda NTT ini juga mengaku bahwa berkas kasus dugaan tindak pidana pembunuhan itu sudah dikembalikan ke JPU beberapa hari yang lalu.

Sumber : katantt.com

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Blokir Rekening Istri Lukas Enembe

Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:20 WIB

Menkopolhukam Pilih 13 Orang Anggota TGIPF

Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:13 WIB

Oknum Guru di Nagekeo Cabuli Siswinya

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:13 WIB
X