• Jumat, 7 Oktober 2022

Pastor Katolik di Kongo Dibunuh Pemberontak Usai Perayaan Hari Minggu

- Selasa, 8 Februari 2022 | 17:00 WIB
Pastor Richard Masivi Kasereka (36) dibunuh oleh orang-orang bersenjata di wilayah timur laut Lubero saat berkendara ke parokinya, St Michael the Archangel pada 2 Februari 2022. (Facebook)
Pastor Richard Masivi Kasereka (36) dibunuh oleh orang-orang bersenjata di wilayah timur laut Lubero saat berkendara ke parokinya, St Michael the Archangel pada 2 Februari 2022. (Facebook)

JAKARTA (eNBe Indonesia) -- Seorang pastor Katolik di Kongo, Afrika, dikabarkan meninggal setelah dibunuh kelompok bersenjata usai melayani perayaan Ekaristi pada 2 Februari 2022 lalu.

Pastor Richard Masivi Kasereka (36) dibunuh oleh orang-orang bersenjata di wilayah timur laut Lubero saat berkendara ke parokinya, St Michael the Archangel.

Kala itu, dia baru selesai mempersembahkan Misa Hidup Bakti Sedunia di Kanyabayonga. Umat ‚Äč‚ÄčKatolik di Kongo memberikan penghormatan kepada imam muda tersebut.

Baca Juga: Dugaan Publik Benar, Berkas Perkara Randy Kini Dikembalikan ke Polda NTT

Uskup Melchisedec Sikuli Paluku dari Butembo-Beni mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim pada 3 Februari kepada ACI Africa, bahwa penyelidikan atas pembunuhan itu telah dimulai.

Serangan oleh Allied Democratic Forces (ADF) telah dilaporkan di keuskupan Butembo-Beni. Kelompok pemberontak yang berafiliasi dengan ISIS dari negara tetangga Uganda dilaporkan di bawah kepemimpinan seorang Muslim yang murtad dari Kristen.

Uskup Paluku mengutuk serangan teroris di wilayah itu tahun lalu. Dia mengatakan bahwa kelompok-kelompok bersenjata “menghancurkan sekolah dan rumah sakit.”

“Mereka bahkan membunuh orang sakit saat mereka berbaring di ranjang rumah sakit. Tiada hari berlalu tanpa ada korban jiwa,” kata Paluku pada Mei 2021.

Baca Juga: Seorang Wanita Tanpa Identitas Tewas Terlindas TransJakarta

Halaman:

Editor: Denis DH

Sumber: Katolikku.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Provinsi NTT Punya 86 Bahasa Daerah

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:13 WIB

Benarkah Minum Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:38 WIB

Konser 1000 Sasando di Labuan Bajo Masuk Rekor Muri

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB
X