• Jumat, 7 Oktober 2022

Pemprov NTT Apresiasi Nama Pastor Asal NTT Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Argentina

- Senin, 9 Mei 2022 | 11:59 WIB
Pater Amans Laka SVD, Misionaris di Kuba
Pater Amans Laka SVD, Misionaris di Kuba

KUPANG (eNBe Indonesia) - Pemerintah Provinsi NTT mengapresiasi Pater Amans Laka, SVD misionaris asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di Argentina dan menyebut pastor itu sebagai mutiara dari Timur.

“Atas nama pemerintah dan pribadi, saya sangat mengapresiasi dan profisiat kepada Pater Amans, seorang warga Kefamenanu yang mungkin dulu tidak pernah membayangkan namanya menjadi nama jalan di Argentina,” kata Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi di Kupang, dikutip Antara, Senin (9/5).

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Bedah Buku "Jalan Sambil Berjalan" Narasi Hidup dan Karya Pater Amans Laka, SVD.

Baca Juga: TN Kelimutu Dikunjungi Belasan Ribu Wisatawan Selama Libur Lebaran

Orang nomor dua di NTT itu menyatakan kekagumannya dan apresiasinya atas kiprah dan karya Pater Amans Laka di tanah misi.

Pater Amans sendiri diketahui sudah belasan tahun berkarya di Argentina. Dan sejak dua tahun terakhir Pater Amans bekerja di Kuba, di negara dimana umat beragama, terutama Katolik, sangat dikekang aktivitasnya.

Kota di Argentina yang nama jalan menggunakan nama misionaris itu terletak di Kota Puerto Esperanza.

Baca Juga: Tunjangan Tidak Cukup Bung Karno Berjualan Kain di Ende

"Saya tadi sudah sedikit baca bukunya dan tulisannya sangat sederhana dan bisa dipahami. Karena itu saya imbau generasi muda di NTT untuk menarasikan semua kejadian yang ada di NTT supaya generasi penerus bisa berbuat banyak," tambah dia.

Penulis buku Jalan Sambil Berjalan Robert Laka menceritakan bahwa judul buku digunakannya untuk melukiskan kehidupan Pater Amans sebagai seorang misionaris di tanah misi.

Buku itu mengisahkan tentang perjuangan Pater Aman di tanah misi. Dimana dengan perjuangannya ia mampu mendirikan sekolah hanya dalam waktu lima bulan.

Baca Juga: Pilpres Filipina: Legenda Tinju Dunia The PAC Man Tetap Optimis

Menurut Robert, Pater Amans Laka tidak pernah bermimpi jika diberikan hadiah atau penghargaan namanya menjadi nama jalan oleh pemerintah dan masyarakat Argentina.

Robert menceritakan, tempat di mana Pater Amans mendirikan sekolah merupakan tempat yang tidak ada misionaris mau kerja.

Tempat itu hanya diambil kekayaannya oleh orang dari luar daerah, perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang penggergajian kayu.

Baca Juga: Kontingen Indonesia ke Sea Games Dilepas Presiden

“Mereka bilang ke Pater Amans, sampai kucing bertanduk pun tidak akan ada jalan yang dibangun. Pater Amans bilang saya mau bangun sekolah di situ, jalan akan dibangun. Kalau bangun sekolah, maka kayu-kayu untuk pembangunannya kalian yang tanggung,” jelas Robert.

Dan, terjadilah. Jalan dibangun, licin mulus. Dan perusahaan-perusahaan besar di kawasan itu menyumbang kayu-kayu untuk pembangunan sekolah. Tidak heran, hanya dalam waktu lima bulan dua sekolah pertanian di kawasan itu selesai dibangun.

Menurut Robert, Pater Amans mempunyai kekuatan hebat di jalur diplomasi.

Baca Juga: Bertemu Ferguson Ronaldo Minta Saran Soal Masa Depannya

“Hal ini Pater Amans lakukan di Argentina dan mendapat apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Indonesia, Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Argentina,” tambahnya.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Provinsi NTT Punya 86 Bahasa Daerah

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:13 WIB

Benarkah Minum Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:38 WIB

Konser 1000 Sasando di Labuan Bajo Masuk Rekor Muri

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB
X