• Kamis, 8 Desember 2022

Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

- Kamis, 24 November 2022 | 14:50 WIB
Frans Seda.
Frans Seda.

KUPANG (eNBe Indonesia) - Tokoh inspiratif asal Provinsi Nusa Tenggara (NTT) Franciscus Xaverius Seda atau Frans Seda diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Pengusulan Frans Seda sebagai Pahlawan Nasional disampaikan oleh panitia penganugerahan Frans Seda sebagai Pahlawan Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Sikka.

Panitia pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional Philip Gobang saat memberikan sambutan dalam seminar nasional Jejak Frans Seda di gedung Rektorat Unika Kupang, Kamis, (24/11/2022) mengatakan Frans Xaverius Seda merupakan sosok yang mampu menampilkan dirinya dalam pentas sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sekretariat Presiden Tegaskan Laman Resmi Presiden Jokowi Adalah presidenri.go.id

Frans Seda memiliki keterlibatan aktif dalam dunia politik dan ekonomi yang menyumbangkan pemikiran cerdas demi perubahan di Indonesia.

Frans Seda merupakan politikus, menteri, tokoh gereja, pengamat politik, dan pengusaha Indonesia.

Philip Gobang mengatakan Frans Seda merupakan tokoh NTT yang ikut memberikan sumbangsih positif bagi Indonesia.

Baca Juga: Presiden Datang Ke Kecamatan Cigenang, Tempat Terparah Imbas Gempa Cianjur

Frans Seda pernah menjabat Menteri Perkebunan dalam Kabinet Kerja IV (1963-1964), dan Menteri Keuangan (1966-1968) serta Menteri Perhubungan (1968-1973) dalam Kabinet Pembangunan.    

Dalam berbagai catatan, Frans Seda di gambarkan sebagai sosok yang berasal dari sebuah kampung kecil di kabupaten Sikka. Dalam perjalanan waktu dia pindah dari Flores Nusa Nipa menuju Nusantara hingga tingkat global.

"Ada saatnya waktu itu dia kembali ke Indonesia dan Nian Tanah Sikka, meninggalkan semua jabatan yang dia miliki, Frans Seda selalu tampil sebagai orang biasa," katanya, seperti dikutip victorynews.id, Kamis (24/11).

Baca Juga: Jelang Natal Harga Minyak Tanah di Kupang Rp 15 Ribu per Liter

Ia menuturkan, rangkaian kegiatan seminar itu sebetulnya sebagai bagian untuk mengusulkan kembali Frans Seda sebagai pahlawan nasional.

Menurut dia, proses pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional sudah mulai dari tahun 2012 atas inisiatif dari pemerintah provinsi NTT di jaman kepemimpinan Frans Lebu Raya.

Sayangnya, proses pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional masih terkendala beberapa hal salah satunya kajian akademis.

Baca Juga: Tim SAR Masih Mencari 40 Orang yang Hilang Pada Gempa Cianjur

"Inilah momentum untuk mengajukan kembali persyaratan yang ada supaya mengajukan kembali Frans Seda sebagai tokoh nasional, Seminar nasional ini sudah dilakukan selama dua kali di Kabupaten Sikka dan seminar ketiga di Unika Kupang, " tandasnya.

Kisah Frans Seda yang diusulkan sebagai pahlawan nasional itu harus dijadikan sumber inspirasi dan role model bagi generasi muda saat ini dan akan datang.

"Semoga kisah hidupnya bisa menginspirasi kita semua untuk meneladani tokoh Frans Seda dalam kehidupan setiap hari, " ujarnya.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: victorynews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bos Sunda Empire Lord Rangga Meninggal Dunia

Rabu, 7 Desember 2022 | 11:10 WIB

Erupsi Semeru, Warga Diminta Patuhi Arahan BPBD

Senin, 5 Desember 2022 | 13:45 WIB

Wapres Minta Nilai Islam Wasathiyah Terus Dilestarikan

Minggu, 4 Desember 2022 | 08:46 WIB

1 Desember Hari Aids Sedunia

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:50 WIB

Tim SAR Perpanjang Pencarian Korban Gempa Cianjur

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:39 WIB

Gedung Baintelkam Mabes Polri Terbakar

Jumat, 25 November 2022 | 11:53 WIB

Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 24 November 2022 | 14:50 WIB

Cianjur Diguncang Puluhan Gempa Susulan

Selasa, 22 November 2022 | 09:57 WIB
X