Hadapi Kroasia, Jepang Terapkan Filosofi Keberanian Ala Samurai

- Senin, 5 Desember 2022 | 14:09 WIB
Jepang vs Kroasia.
Jepang vs Kroasia.

DEPOK (eNBe Indonesia) - Jepang dan Kroasia akan bertemu di Stadion Al Janoub dalam babak 16 besar Piala Dunia Qatar Senin (5/12/2022) malam. Bek veteran Yuto Nagatomo mengatakan Jepang harus berjuang dengan menerapkan filosofi "keberanian samurai" untuk menumbangkan Kroasia.

Dengan begitu, akan membuat langkah pertama negara itu ke babak delapan besar di Piala Dunia. "Sebelum (samurai) berperang, mereka memoles senjata mereka dan mencoba meningkatkan teknik mereka," kata Nagatomo seperti dikutip RRI dari Kyodonews, Senin (5/12).

"Tetapi jika mereka takut selama pertempuran, mereka tidak akan dapat menggunakan senjata itu dengan benar. Itu sama dalam sepak bola," ujarnya.

Baca Juga: Raheem Sterling Terpaksa Pulang dari Piala Dunia Qatar

Sedangkan pelatih Kroasia Zlatko Dalic mendesak para pemainnya untuk tidak meremehkan Jepang dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia.

“Yang menurut saya paling penting adalah menunjukkan rasa hormat kepada lawan kami. Mereka telah mengalahkan dua pemenang Piala Dunia: Spanyol dan Jerman," kata Dalic seperti dikutip dari The National News.

Dalic juga mencermati filosofi Samurai dalam permainan Jepang melawan timnya. "Jika kita ingin melangkah lebih jauh, kita harus menerapkan sikap yang sama. Kami melakukan yang terbaik dan tidak pernah meremehkan siapa pun," ujarnya.

Baca Juga: Erupsi Semeru, Warga Diminta Patuhi Arahan BPBD

Diketahui, Jepang dan Kroasia baru bertemu tiga kali, dengan masing-masing tim meraih satu kemenangan. Samurai Biru memenangkan pertemuan pertama mereka 4-3 di Piala Kirin pada tahun 1997.

Kroasia menang tipis 1-0 atas Jepang di babak grup pertandingan Prancis tahun 1998. Kemudian, kedua negara bertemu lagi di Piala Dunia di Jerman pada tahun 2006, tetapi kedua negara bermain imbang tanpa gol di babak grup.

Prediksi pemain Jepang (3-4-3):

Baca Juga: Misteri Wanita Menangis Di Rumah Ferdy Sambo, Ronny Talapessy Buka-Bukaan Kronologi Kisahnya

Gonda; Tomiyasu, Yoshida, H Ito; J Ito, Endo, Tanaka, Nagatomo; Doan, Asano dan Kamada.

Prediksi pemain Kroasia  (4-3-3):

Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa; Modric, Brozovic, Kovacic; Kramaric, Livaja dan Perisic.

Laga Jepang vs Kroasia dimainkan Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB dan ditayangkan Vidio, SCTV dan Indosiar.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liverpool Perpanjang Kontrak Stefan Bajcetic

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:27 WIB
X