Kroasia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022

- Selasa, 6 Desember 2022 | 07:16 WIB
Jepang (biru) terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2022, dikalahkan Kroasia 1-3 dalam adu penalti setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu. (flashscore)
Jepang (biru) terhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2022, dikalahkan Kroasia 1-3 dalam adu penalti setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu. (flashscore)

JAKARTA (eNBe Indonesia) - Kroasia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 Hasil ini mereka dapat usai menyingkirkan Jepang lewat drama adu penalti pada babak 16 besar.

Pertandingan antara Jepang dan Kroasia berlangsung di Al Janoub Stadium, Senin (5/12/22) malam WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit jalannya pertandingan.

Jepang sejatinya mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Daizen Maeda pada menit ke-43. Gol berawal dari umpan panjang, yang kemudian berujung kemelut di depan gawang Livakovic.

Baca Juga: Disparekraf Nagekeo Perkuat Kapasitas SDM Pemandu Ekowisata

Maeda yang berdiri dalam kotak penalti langsung melepaskan tembakan terukur yang tak terbendung penjaga gawang. Pada akhirnya, Timnas Jepang berhasil mengungguli Kroasia di babak pertama dengan skor tipis 1-0.

Di babak kedua, Kroasia berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan ivan Perisic. Pemain Inter Milan itu melompat untuk menanduk bola crossing Dejan Lovren dan mengarah ke pojok kiri gawang, tanpa bisa dijangkai Shuichi Gonda.

Skor 1-1 bertahan ketika 90 menit tuntas. Laga dilanjutkan ke babak extra time.

Di 15 babak pertama extra time, tidak ada peluang berbahaya diciptakan kedua tim yang sama-sama bermain. Cuma satu dihasilkan lewat Kaoru Mitoma di menit ke-114 yang memaksai Livakovic menepisnya.

Baca Juga: Sidang Kasus Pembunuhan Astri dan Lael Dengan Terdakwa Ira Ua Hadirkan Saksi Baron

Tak ada gol tercipta selama 30 menit perpanjangan waktu. Skor 1-1 masih bertahan sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Tiga dari empat penendang pertama Jepang, Takumi Minamino, Takumi Asano, dan Maya Yoshida, gagal. Sementara dari lima penendang Kroasia, hanya satu yang gagal yakni Marko Livaja.

Tendangan Mario Pasalic memastikan kelolosan Kroasia ke babak perempatfinal. Mereka akan menghadapi pemenang antara Brasil vs Korea Selatan pada babak perempat final nanti.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Sumber: rri.co.id

Tags

Terkini

Liverpool Perpanjang Kontrak Stefan Bajcetic

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:27 WIB
X