Pemerintah Beri Izin Pertandingan Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

- Selasa, 6 Desember 2022 | 10:35 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD didampingi Menpora Zainuddin Amali dan Kapolri Listyo Sigit memberi keterangan pers tentang izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1.
Menkopolhukam Mahfud MD didampingi Menpora Zainuddin Amali dan Kapolri Listyo Sigit memberi keterangan pers tentang izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1.

DEPOK (eNBe Indonesia) - Menteri Koordinator Bidang Polituk Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan Liga 1 Indonesia bisa tetap bergulir tanpa penonton. Menurutnya keputusan tersebut tidak ada desakan dari manapun.

"Ini bukan desakan siapa-siapa. Bukan desakan PSSI. Bukan LIB. Ini demi kepentingan persepakbolaan kita secara nasional. Dan kita akan memperbaikinya," kata Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dikutip RRI, Selasa (6/12).

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit mengatakan pihaknya mendukung kompetisi sepak bola nasional bisa bergulir kembali. Tentu pihaknya akan memberikan panduan yang ketat selama pertandingan berlangsung.

Baca Juga: Richard Eliezer Ungkap Kesaksian Kuat Ma'ruf Banyak Yang Tidak Sesuai, Salah Satunya Ketika Di Magelang

"Semuanya dilakukan evaluasi dan persiapan lebih baik, terkait aturan aturan FIFA kita perjelas, termasuk penggunaan gas air mata. Setelah ini untuk menyelesaikan sisa kompetisi yang ada," ujarnya.

"Kami mendukung diselesaikannya sisa kompetisi dan kegiatan sepak bola ke depan ada piala dunia dan kompetisi lain yang tentunya harus terselenggara. Harapannya kompetisi bisa berjalan lebih baik dengan standar pengamanan lebih baik," katanya.

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali mengapresiasi, keputusan tersebut. Untuk itu, pihaknya merasa terbuka bila di tengah jalan ada yang harus diperbaiki terkait mekanisme penyelenggaraan.

Baca Juga: Sepakat Bergabung Dengan Al-Nasr Mulai 1 Januari 2023, Ronaldo Bakal Digaji Rp 3,2 Triliun Per Musim

"Tentunya kompetisi berjalan dulu. Bisa saja nanti ada hal-hal yang perlu diperbaiki pada saat liga berlangsung," ucapnya.

Jumat pekan lalu, PT LIB telah mengumumkan Liga 1 akan kick off pada 5 Desember 2022. Namun penyataan tertulis di laman resmi LIB dihapus, sehari berselang, LIB menyatakan bahwa izin kompetisi dalam proses akhir.

Beberapa waktu terakhir PT LIB bersama PSSI, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian PUPR terus menggelar rapat koordinasi (rakor). Rapat ini membahas proses putaran pertama Liga 1 Indonesia yang akan dihelat secara tersentralisasi atau dengan sistem bubble.

Baca Juga: Kroasia, Timnas Langganan Menang Adu Penalti

Sejumlah kementerian dilibatkan dalam rakor karena mejadi bagian dari tim verifikasi. Setelah Tragedi Kanjuruhan, stadion yang akan digunakan harus melewati tim verifikasi untuk menilai kelayakan stadion dari berbagai aspek.

Sistem bubble pada putaran pertama Liga 1 Indonesia akan berlokasi di 5 stadion di Jawa tengah dan DI Yogyakarta. PT LIB menargetkan putaran pertama Liga 1 akan berakhir di penghujung Desember 2022.

Berikut daftar lima stadion pelaksana putaran pertama Liga 1 musim 2022-2023 dengan sistem bubble:

Baca Juga: BI Jelaskan Mengapa Harus Ada Rupiah Digital

Stadion Jatidiri (Semarang),

Stadion Maguwoharjo (Sleman),

Stadion Manahan (Solo),

Stadion Sultan Agung (Bantul)

Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liverpool Perpanjang Kontrak Stefan Bajcetic

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:27 WIB
X