• Jumat, 7 Oktober 2022

Survei SPIN: Elektabilktas Prabowo Masih Teratas

- Senin, 20 Desember 2021 | 07:43 WIB
Survei SPIN: Elektabilktas Prabowo Masih Teratas
Survei SPIN: Elektabilktas Prabowo Masih Teratas


JAKARTA (eNBe Indonesia) - Survey & Polling Indonesia (SPIN) kembali merilis hasil jajak pendapat terhadap deretan tokoh yang masuk daftar bakal calon Presiden 2024 dalam wacana publik saat ini.

Hasilnya, sosok Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra mendapatkan elektabilitas tertinggi dari yang lain.

Sejumlah tokoh nasional lainnya seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono hingga Airlangga Hartarto.

"Jika survei SPIN periode Agustus 2021 di komparasi dengan survei saat ini, menunjukkan adanya pola peningkatan keterpilihan terhadap Prabowo sebesar 1,3 persen (21,9 menjadi 23,2)," kata Director SPIN, Igor Dirgantara secara daring, Minggu (19/12).

Baca Juga: Tiga Klub Bersaing Rebut Gelar Juara Liga Inggris

Hasil ini kata Igor menunjukkan elektabikitas Prabowo terus meningkat jelang akhir tahun.

Sementara, sosok seperti Ganjar dan Anies malah mengalami penurunan. Ganjar dari 16,1 menjadi 13,1 persen dan Anies dari 15,6 menjadi 13,1 persen.

Meskipun demikian menurutnya peluang masih sangat terbuka bagi para calon karena ada sebesar 18,3 persen responden yang belum dapat menentukan pilihannya.

Selain Elektabilitas, Survei SPIN lanjut Igor turut mengukur opini publik tentang tingkat kepantasan (suitabilitas) para tokoh nasional tadi menjadi calon Presiden 2024.

Baca Juga: Malaysia Akui Keunggulan Timnas Indonesia

Hasilnya, publik memiliki parameter sendiri dalam mengukur tingkat kepantasan. Adapun penilaiannya berada diinterval 50 persen hingga 70 persen lebih.

"Bagi tingkat kepantasan publik diminta untuk menilai siapa dari tokoh-tokoh nasional tadi yang pantas jadi calon Presiden. Dari variabel pertanyaan tersebut ditemukan bahwa Prabowo memiliki persentase kepantasan tertinggi, disusul Ganjar Pranowo, Anies, Airlangga, Sandi dan Puan," imbuhnya.

Tak sampai disitu, Spin juga menggelar survei terhadap pilihan partai politik. Hasilnya, PDIP masih menjadi pilihan utama pilihan publik dengan disusul Gerindra dan Golkar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Inggris Terus Mengalami Kenaikan

Sebagai informasi, Survei SPIN dilakukan pada tanggal 22 November-1 Desember 2021 dengan total jumlah responden 1670, berusia minimal 17 tahun yang tersebar di 34 provinsi, dengan metode multi-stage random, tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2 ,4 persen.  

Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel. Teknis survei dilakukan secara tatap muka dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kader PPP Jakarta Dukung Ganjar Capres 2024

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:03 WIB

Sindrom Jokowi dan Figur Alternatif Pilpres 2024

Kamis, 29 September 2022 | 20:22 WIB

Sultan Ternate Beri Gelar Kepada Presiden Jokowi

Rabu, 28 September 2022 | 13:11 WIB

Gibran Akui Terima Banyak Kritikan dari Rocky Gerung

Senin, 26 September 2022 | 16:47 WIB
X