• Jumat, 9 Desember 2022

Sultan Ternate Beri Gelar Kepada Presiden Jokowi

- Rabu, 28 September 2022 | 13:11 WIB
Sultan Ternate anugerahkan gelar kepada Presiden Jokowi
Sultan Ternate anugerahkan gelar kepada Presiden Jokowi

DEPOK (eNBe Indonesia) - Sultan ke-49 Ternate Hidayatullah Sjah memberikan gelar kepada Presiden Jokowi Widodo sebagai Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat.

"Penganugerahan itu dilakukan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah kepada Presiden Jokowi di dalam Kedaton Kesultanan, sekaligus mendoakan Presiden untuk selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam memimpin bangsa Indonesia," kata Fanyira Kadaton Kesultanan Ternate Rizal Effendi di Ternate, dikutip Antara, Rabu (28/7).

Pemberian gelar itu diberikan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah sebelum Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kota Tidore Kepulauan di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga: OASE KIM Bagi Paket Bantuan Kepada Anak-Anak di Labuan Bajo

Menurut Rizal, Jokowi mengikuti ritual Joko Kaha atau injak tanah yang merupakan upacara tradisional untuk menerima tamu agung di halaman Kedaton Kesultanan Ternate.

Kunjungan Jokowi di Ternate disambut ribuan warga, mulai dari masyarakat serta siswa SD dan SMP, yang berdiri sejak pagi di sepanjang jalan dengan memegang Bendera Merah Putih.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Maluku Utara antara lain  menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat.

Baca Juga: DPR Gelar 'Fit and Proper Test' Pengganti Lili Pintauli Siregar

Usai menerima gelar adat, Jokowi kemudian menuju Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate untuk menyerahkan bansos sekaligus memeriksa penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para penerima manfaat.

"Tentunya Presiden akan memberikan bantuan BLT dan berdiskusi apa yang harus disampaikan dari masyarakat kepada Presiden," kata Heru.

Selanjutnya, Jokowi menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk lepas landas ke Kabupaten Halmahera Bara untuk bertemu masyarakat di Kantor Pos Jailolo dan Pasar Rakyat Jailolo.

Baca Juga: Pengacara Bharada E Siap Hadapi Gugatan Deolipa Siang Ini: Maunya Apa Sih?

"Beliau juga mendatangi kantor pos setempat yaitu Kantor Pos Jailolo, di mana memastikan juga bantuan-bantuan sudah sampai ke masyarakat, dan tentunya menyapa kembali di Pasar Halmahera Barat, Pasar Jailolo," lanjutnya.

Kemudian, Jokowi menuju ke Pasar Galala dan Kantor Pos Desa Guraping di Kota Tidore Kepulauan untuk memberikan bansos kepada masyarakat yang berhak.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerjanya kali ini antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Papua Barat Daya Resmi Jadi Provinsi ke-38

Jumat, 9 Desember 2022 | 15:55 WIB

AHY Optimis Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:04 WIB

Rapat Paripurna DPR Sahkan RUU KUHP Menjadi UU

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:45 WIB

Ketua Partai Demokrat AHY Berkunjung ke NTT

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:31 WIB

Kelompok Bersenjata di Nigeria Culik 60 Warga

Jumat, 25 November 2022 | 10:09 WIB

Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

Kamis, 24 November 2022 | 15:25 WIB
X