• Kamis, 8 Desember 2022

Nasdem Usung Anis Capres 2024: Beberapa Pertanyaan Penting

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjawab pertanyaan wartawan dalam pengumuman deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022. (Foto: twitter/@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjawab pertanyaan wartawan dalam pengumuman deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia 2024 di Nasdem Tower, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022. (Foto: twitter/@aniesbaswedan)


DEPOK (eNBe Indonesia) - Anies Baswedan resmi dicalonkan oleh Partai Nasdem sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nasdem, dipimpin oleh maestro media Surya Paloh, adalah partai politik terbesar keempat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pengusungan Anies sebagai capres dilakukan Nasdem pada Senin (3/10/22). Paloh hadir di sana bersama para petinggi Partai Nasdem, termasuk Syahrul Yasin Limpo, menteri pertanian.

Tidak terlihat mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara tersebut, padahal Kalla memiliki peran besar dalam membantu Anies untuk mendapatkan nominasi dari Nasdem. Kalla, yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar, dikenal luas sebagai sekutu politik Paloh dan mentor politik Anies.

Perlu diketahui, sebelum acara deklarasi tersebut, Anies menghadiri acara lain yang diadakan oleh Pemuda Pancasila pada Sabtu (1/10/22). Dalam acara tersebut, Anies resmi menjadi anggota Pemuda Pancasila, sebuah organisasi yang terkenal dengan ‘reputasinya’.

Baca Juga: Kejagung Hadirkan Para Tersangka Pembunuhan Brigadir Joshua

Dalam acara tersebut juga, Ketua Pemuda Pancasila Japto Soerjosumarno memerintahkan jajarannya untuk mendukung pencalonan Anies sebagai presiden.

Japto, seperti kita ketahui bersama, dikenal sebagai ajudan terdekat Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, putra bungsu mendiang Presiden Soeharto. Tommy telah mendukung Anies sejak Pilgub Jakarta 2017.

Konon, ada beberapa pertanyaan terkait pencalonan Anies sebagai presiden. Salah satunya kenapa Nasdem memajukan acara deklarasi dari rencana awal November 2022.

Perkembangan apa yang membuat Paloh memutuskan untuk mempercepatnya? Ada yang bertanya-tanya apakah itu terkait dengan perkembangan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Surat kabar Tempo baru-baru ini memberitakan bahwa Ketua KPK Firli Bahuri mendesak jajarannya untuk menetapkan Anies sebagai tersangka dalam kasus terkait Formula E, meski tim penyidik ​​KPK menyimpulkan belum cukup bukti untuk meningkatkan penyidikan kasus tersebut ke penyidikan.

Baca Juga: Catat, Inilah 5 Bansos Cair Bulan Ini, Oktober 2022, Berikut Cara Ceknya

Namun Ali Fikri dari KPK membantah laporan Tempo tersebut. KPK, seperti diketahui, tengah menyelidiki Formula E, salah satu proyek unggulan Anies di Jakarta. Anies sendiri sudah diperiksa KPK dalam kasus ini.

Bagaimanapun, KPK harus menangani kasus ini dengan hati-hati. Kalaupun ada, Anies hanya akan berperan sebagai korban untuk mendongkrak elektabilitasnya jelang Pilkada 2024 jika memang benar KPK kekurangan bukti.

Selain KPK, pertanyaan selanjutnya adalah apakah Nasdem bisa memberikan tiket untuk Anies. Nasdem, seperti diketahui, hanya menguasai 59 dari 575 kursi DPR atau sekitar 10,26 persen.

Partai, oleh karena itu, harus membentuk koalisi dengan satu atau lebih partai untuk melewati ambang batas presiden. Terkait hal itu, Paloh pun mengungkapkan optimismenya bahwa PKS dan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada akhirnya akan berkoalisi dengan Nasdem.

Halaman:

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

AHY Optimis Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:04 WIB

Rapat Paripurna DPR Sahkan RUU KUHP Menjadi UU

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:45 WIB

Ketua Partai Demokrat AHY Berkunjung ke NTT

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:31 WIB

Kelompok Bersenjata di Nigeria Culik 60 Warga

Jumat, 25 November 2022 | 10:09 WIB

Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

Kamis, 24 November 2022 | 15:25 WIB
X