• Kamis, 8 Desember 2022

Dinamika Pilpres 2024: Megawati-SBY, Anies-Gibran (1)

- Rabu, 16 November 2022 | 13:16 WIB
Megawati dan SBY Akhirnya Duduk Satu Meja Makan Malam Bersama di G20 Bali, Kompak Pakai Baju Biru/ist (Suarahaluan.com)
Megawati dan SBY Akhirnya Duduk Satu Meja Makan Malam Bersama di G20 Bali, Kompak Pakai Baju Biru/ist (Suarahaluan.com)


DEPOK (eNBe Indonesia) - Presiden kelima Megawati Soekarnoputri yang merupakan ketua umum partai berkuasa PDIP terlihat duduk semeja dengan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pimpinan tertinggi Partai Demokrat, saat gala dinner KTT G20 tadi malam (15 November).

Sementara Anies Baswedan, calon presiden dari Partai Nasdem pimpinan Surya Paloh, bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Megawati dan SBY hadir dalam gala dinner KTT G20 di Bali sesuai undangan Presiden Jokowi. Semeja dengan kedua tokoh tersebut, hadir mantan Wakil Presiden (Wakil Presiden) Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah, mantan Wapres Hamzah Haz, mantan Wapres Try Sutrisno dan istrinya Tuti Setiawati, serta putri Megawati Puan Maharani.

Menariknya, baik Megawati maupun SBY sama-sama mengenakan busana berwarna biru. Mungkin, ini pertama kalinya Megawati dan SBY tampil bersama setelah puluhan tahun. Meski tidak saling berbicara, mereka terlihat santai dan menikmati acara tersebut.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Tampil Beda Saat Kunjungi Tahura Bali

Mengingat gesekan selama ini, sudah merupakan kemajuan positif melihat mereka bersama di meja makan yang sama. Jokowi layak mendapat pujian karena mengundang kedua mantan presiden ini hadir bersamaan.

Di tempat berbeda, putra sulung Jokowi, Gibran, menerima kunjungan Anies Baswedan di Solo. Gibran dan Anies menggelar breakfast meeting sebelum naik mobil yang sama untuk menghadiri acara Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Ar Riyadh dekat pasar tradisional Pasar Kliwon.

Banyak yang menilai pertemuan dengan Gibran adalah cara Anies mendekati Presiden Jokowi. Mungkin, Paloh meminta Anies mendekati Presiden melalui Gibran.

Kita semua tahu bahwa hubungan antara Paloh dan Presiden Jokowi sedang terpuruk sejak Nasdem mengusung Anies sebagai calon presiden dan salah satu tokoh kunci Partai mengatakan mantan gubernur Jakarta adalah anti-tesis dari Presiden.

Baca Juga: KPK Usut Dugaan Transaksi Valas Dalam Kasus Lukas Enembe

Jokowi bahkan tidak menghadiri HUT Partai Nasdem atau mengucapkan selamat HUT Paloh seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bisa dimaklumi jika Jokowi tak senang dengan manuver Paloh mencalonkan Anies. Seperti diketahui, Anies tidak memiliki agenda pembangunan yang sama dengan Jokowi. Ucapan Anies saat acara deklarasi yang digelar Nasdem juga tak membantu.

Saat itu, seorang wartawan bertanya kepada Anies apakah akan melanjutkan pembangunan yang sudah dimulai Jokowi, namun Anies tidak memberikan jawaban tegas atau komitmen. Sebaliknya, secara diplomatis ia mengatakan bahwa akan selalu ada kesinambungan dan perubahan dalam hal pembangunan.

Dari pernyataan Anies, kita dapat mengatakan bahwa dia mungkin saja melanjutkan sebagian agenda pembangunan Jokowi dan menghentikan sebagian lainnya.

Baca Juga: Pekalongan Diprediksi Bakal Tenggelam Pada Tahun 2035, Ganjar: Butuh Penanganan Khusus

Pertanyaan besarnya adalah mana yang akan dilanjutkan dan mana yang akan dihentikan jika Anies terpilih menjadi presiden berikutnya. Kita semua tahu bahwa Jokowi ingin memastikan pembangunan yang telah dimulainya dapat berlanjut bahkan setelah masa jabatannya berakhir.

Ada beberapa mega proyek pembangunan yang tidak akan selesai hingga masa jabatan Jokowi berakhir pada Oktober 2024. Salah satunya adalah pembangunan ibu kota baru (IKN) di provinsi Kalimantan Timur.

Akan sulit melihat Jokowi merestui pencalonan Anies mengingat kurangnya komitmen Anies untuk melanjutkan agenda pembangunan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

AHY Optimis Indonesia Bisa Menjadi Negara Maju

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:04 WIB

Rapat Paripurna DPR Sahkan RUU KUHP Menjadi UU

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:45 WIB

Ketua Partai Demokrat AHY Berkunjung ke NTT

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:31 WIB

Kelompok Bersenjata di Nigeria Culik 60 Warga

Jumat, 25 November 2022 | 10:09 WIB

Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia ke-10

Kamis, 24 November 2022 | 15:25 WIB
X