Gubernur NTT Lantik Siprianus Habur Sebagai Wabup Manggarai Timur

- Rabu, 7 Desember 2022 | 16:04 WIB
Pelantikan Siprianus Habur sebagai Wakil Bupati Manggarai Timur oleh Gubernur NTT Viktor Lasikodat.
Pelantikan Siprianus Habur sebagai Wakil Bupati Manggarai Timur oleh Gubernur NTT Viktor Lasikodat.

KUPANG (eNBe Indonesia) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melantik Siprianus Habur sebagai Wakil Bupati Manggarai Timur untuk sisa jabatan periode 2019-2024 di Aula Hendrikus Fernandez Kantor Gubernur NTT di Kupang, Rabu, (7/12/2022).

Siprianus Habur menggantikan posisi Wakil Bupati Manggarai Timur Jaghur Stefanus yang meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 pada 30 Maret 2022.

Pelantikan Siprianus Habur berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.3-6158 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur Sisa Jabatan 2019-2024 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca Juga: BPOLBF Raih Predikat Sebagai Wilayah Bebas Korupsi

Dalam pelantikan yang dihadiri Bupati Manggarai Timur Andreas Agas dan sejumlah anggota DPRD setempat itu juga dilakukan penandatanganan dokumen pakta integritas oleh Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur Siprianus Habur.

Bupati Manggarai Timur Andreas Agas mengatakan pelantikan Wabup Siprianus Habur akan meringankan tugas-tugasnya yang selama sepuluh bulan menjalankan sendiri berbagai tugas pelayanan pemerintahan setelah Wabup Jaghur Stefanus terpapar COVID-19 hingga kemudian meninggal dunia.

"Hampir selama 10 bulan menjalankan tugas sendiri sehingga dengan adanya wakil bupati maka kami bisa membagi tugas secara bersama dalam pelayanan pemerintahan dan masyarakat," kata Andreas Agas, seperti dikutip Antara, Rabu (7/12).

Baca Juga: Sambo Tidak Menyangka Bahwa Kasus Pelecehan Bisa Terjadi Pada Istrinya

Menurut ia, tugas Wabup Siprianus Habur lebih pada membantu tugas-tugas bupati serta tugas dalam bidang pengawasan pembangunan.

"Kami tidak harus membuat surat keputusan untuk pembagian tugas dan kewenangan yang dilakukan wakil bupati, tetapi cukup melalui koordinasi bisa melakukan kegiatan pelayanan pemerintahan secara bersama," kata bupati.

Andreas memastikan akan mendistribusikan sejumlah kewenangan kepada Wabup Siprianus Habur dalam melaksanakan kegiatan pelayanan pemerintahan dan masyarakat hingga masa jabatan berakhir pada 17 Februari 2024.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandi Tegaskan Hadir di Acara PPP Sebagai Menteri

Senin, 23 Januari 2023 | 16:12 WIB
X