Omong Kosong Pilpres & Kans Ganjar, Prabowo, dan Anies

- Jumat, 20 Januari 2023 | 10:08 WIB
Omong Kosong Pilpres & Kans Ganjar, Prabowo, dan Anies
Omong Kosong Pilpres & Kans Ganjar, Prabowo, dan Anies


DEPOK (eNBe Indonesia) - Ganjar Pranowo memenangkan suara mayoritas dalam Musyawarah Rakyat (Musra), sebuah konvensi yang diadakan oleh kelompok relawan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, di Jawa Timur, provinsi terbesar kedua di negri ini.

Sebaliknya, Lembaga Survei Nasional (LSN) justru menemukan Prabowo Subianto memimpin jajak pendapat (pooling) di Jawa Timur.

Menurut Andi Gani Nena Wea dan Budi Arie Setiadi, Ganjar memperoleh 24,91 persen suara dalam Musyawarah yang digelar di Jawa Timur. Sementara Prabowo menyusul (22,17%), Airlangga Hartarto (17,31%), dan Moeldoko (14,56%).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebut Kasus Keracunan Satu Keluarga di Bekasi Merupakan Pembunuhan Berencana

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berada jauh di urutan keenam 2,48 persen, tertinggal jauh dari Mahfud MD (8,34%), sedangkan Puan Maharani berada di posisi ketujuh dengan 2,26 persen.

Menyusul di belakang Puan adalah Anies Baswedan (1,94%), Tri Rismaharini (1,8%), dan Andika Perkasa (1,65%).

Dengan hasil dari Jawa Timur, Ganjar telah memenangkan konvensi yang diadakan oleh kelompok relawan Jokowi di lima provinsi.

Sedangkan Prabowo dan Airlangga masing-masing menang di tiga provinsi. Jokowi meraih suara terbanyak di dua provinsi dan Sandiaga Uno menang di satu provinsi.

Berbeda dengan hasil Musra, lembaga survei LSN menemukan Prabowo memimpin jajak pendapat di Jawa Timur.

Baca Juga: Kejagung Jelaskan Pertimbangan Hukum Terkait Tingginya Tuntutan Terhadap Richard Eliezer

Menurut LSN, Prabowo menang tipis di atas Ganjar. Rinciannya, Prabowo mendapatkan 42,1 persen, Ganjar 41,9 persen, dan Anies 13,5 persen.

LSN berdalih Prabowo memimpin jajak pendapat di Jawa Timur karena adanya rumor yang menyebut dirinya akan berpasangan dengan Khofifah.

Selain Jawa Timur, LSN menemukan bahwa Prabowo memimpin jajak pendapat di Jawa Barat dengan selisih yang signifikan, di mana ia memperoleh 54,8 persen suara, disusul Anies (24,8%) dan Ganjar (13,2%).

Dengan hasil tersebut, LSN menyimpulkan pendukung Prabowo di Jatim tetap setia kepada purnawirawan dan tidak berpindah ke Anies seperti yang terlihat pada jajak pendapat sebelumnya dari lembaga lain.

Baca Juga: Dinas Peternakan NTT Laporkan Kematian Babi Akibat Virus ASF

Jajak pendapat lain, Lembaga Survei Jakarta (LSJ), juga mengeluarkan temuan yang mendukung Prabowo. LSJ menemukan bahwa pendukung Presiden Jokowi terbagi rata menjadi Prabowo dan Ganjar.

Menurut LSJ, Prabowo memperoleh 40,6 persen suara dari pendukung Jokowi sedangkan Ganjar mengumpulkan 40,5 persen. Sedangkan Anies hanya mendapat 15,6 persen.

Waktu akan menentukan apakah LSN dan LSJ dapat diandalkan atau tidak. Baik LSN maupun LSJ adalah salah satu lembaga survei yang selalu mengeluarkan temuan survei yang berpihak pada Prabowo.

Halaman:

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

Sandi Tegaskan Hadir di Acara PPP Sebagai Menteri

Senin, 23 Januari 2023 | 16:12 WIB
X