Tegas, Tegakan Hukum, Polres Ende Tutup Galian C Ilegal, Warga Ende Beri Apresiasi

- Kamis, 1 Juni 2023 | 19:55 WIB
Tegas, Tegakan Hukum, Polres Ende Tutup Galian C Ilegal, Warga Ende Beri Apresiasi
Tegas, Tegakan Hukum, Polres Ende Tutup Galian C Ilegal, Warga Ende Beri Apresiasi


ENDE (eNBe Indonesia) - Sejak di bawah Komando AKBP Andre Librian, S.I.K, Polres Ende terus menorehkan segudang prestasi dengan berhasil menuntaskan berbagai macam kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Ende mulai dari kasus korupsi, curian motor dan penyelundupan pakaian bekas serta jual beli kendaraan bodong.

Beberapa waktu lalu Polres Ende di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Andre Librian, S.I.K, kembali menorehkan prestasi dalam penegakan hukum yakni menutup tambang galian C yang diduga tidak mengantongi ijin.

Langkah tegas AKBP Andre Librian, S.I.K, ini usai mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya aktivitas tambang galian C di Kabupaten Ende yang diduga ilegal.

Pasca diadukan warga Ende beberapa waktu lalu Polres Ende melalui Kasat Reskrim Ende Iptu Yance Kadiaman langsung melakukan penyelidikan dan melakukan pemasangan garis police Line pada tambang galian C yang diduga tidak kantongi ijin.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 2023: Tuan Rumah Argentina TERSINGKIR Dibungkam Nigeria! Brasil Tantang Israel

"Sehingga kami lakukan pemasangan polisi line terhadap tambang galian C tersebut berasal dari aduan masyarakat di wilayah tersebut ketika kami melakukan Jumat curhat dalam mendukung program yang dikumandangkan oleh bapak Kapori sendiri sehingga dasar itu kami tindaklanjuti," ujar Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K ketika dikonfirmasi media di ruang kerjanya Senin (29/5/23).

"Dengan demikian kami berharap kepada semua pemilik tambang galian C tersebut untuk segera melakukan pengurusan ijin dari tambang galian C tersebut baik ijin eksplorasi dan juga ijin produksi dari tambang tersebut sehingga bisa bermanfaat bagi negara dan masyarakat dari sisi pendapatan bukan pajak yang dimanfaatkan untuk daerah tercinta ini," tambahnya.

Lanjut Andre, kepada pihak Pemerintah Daerah diharapkan untuk dapat memberikan kemudahan untuk berkoordinasi dalam mengurus izin tambang galian C tersebut karena proses pengurusan ijin tersebut meskipun di keluarkan oleh pihak kementerian sesuai dengan aturan terbaru namun tetap berproses dari tingkat daerah.

”Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan dan sedang diminta keterangan dari berbagai pihak terkait, karena bagi kami prinsipnya, apabila bertabrakan dengan aturan hukum sesuai dengan aduan masyarakat akan kami tindak lanjuti," ungkap Andre.

Baca Juga: WOW! Karim Benzema Beri Tahu Real Madrid Akan Terima Pinangan Al-Ittihad

Andre juga menambahkan "terkait ijin produksi kami telah meminta pihak pajak untuk menghitung secara keseluruhan sumber penghasilan bukan pajak yang tidak disetor oleh pihak yang melakukan produksi karena apabila tidak melakukan pembayaran pajak bagi yang bersangkutan akan dijerat dengan undang-undang korupsi," tegas Andre.

Atas keberanian tersebut Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K. mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Ende.

Hal ini diungkapkan salah seorang warga Clementino Du Kepada Media ini Senin (29/5/23) di Kelurahan Rewarangga Selatan, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende.

Tegas, Tegakan Hukum, Polres Ende Tutup Galian C Ilegal, Warga Ende Beri Apresiasi
Tegas, Tegakan Hukum, Polres Ende Tutup Galian C Ilegal, Warga Ende Beri Apresiasi


"Secara pribadisaya menyampaikan apresiasi dan dukungan yang sebesar–besarnya kepada Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K. karena sudah berani mengungkap dan melakukan pemasangan garis police line terhadap tambang galian C yang dilakukan oleh pihak perusahaan besar yang ada di kota Ende ini karena akibat tambang galian tersebut selain merusak lingkungan, lokasi galian itu juga tidak jauh dari rumah warga dan yang melintasi jalan raya dengan kapasitas kendaraan besar mengakibatkan jalan rusak."

Baca Juga: Penuh Drama! Sevilla Jadi Juara Liga Europa Usai Tumbangkan AS Roma Lewat Babak Adu Penalti

Clementino menambahkan, langkah yang dilakukan oleh Kapolres Ende ini perlu mendapat dukungan dan respon secara serius oleh seluruh masyarakat Kabupaten Ende karena keberadaan tambang galian C yang ada di wilayah kabupaten Ende ini ada yang  sejak dibangun belum mengantongi ijin baik ijin eksplorasi dan juga ijin produksi.

Hal senada juga disampaikan Sony Rangga kepada media, dirinya mengungkapkan dukungan kepada polres Ende dalam upaya penegakan hukum.

”Saya sangat mendukung dengan langkah yang diambil Kapolres Ende saat ini sehingga bisa ditegakkan aturan hukum agar semua perusahaan yang memiliki tambang galian C tersebut bisa menyetor pajak untuk kepentingan pembangunan daerah kita ini," ujarnya.

Diketahui Tambang galian C di Kabupaten Ende yang ditutup Polres Ende karena diduga tanpa mengantongi ijin yakni Tambang Galian C milik PT. Yeti Darmawan dan Juga Galian C milik CV. Sumber Kasih serta Galian C milik PT. Agogo Golden Group.*** (Sumber Humas Polres Ende)

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

X