• Senin, 24 Januari 2022

Warga Lembata Diminta Waspada Erupsi Susulan Gunung Api Bawah Laut

- Selasa, 30 November 2021 | 19:03 WIB
Erupsi Gunung Api Bawah Laut di Perairan Lembata
Erupsi Gunung Api Bawah Laut di Perairan Lembata

LEWOLEBA (eNBe Indonesia) -- Pemerintah Kabupaten LembataNTT mengimbau kepada masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Atadei, agar waspada dengan erupsi susulan dari gunung api bawah laut yang lokasinya tak jauh dari Gunung Ile Werung.

"Kami sudah sampaikan melalui BPBD agar memantau kondisi di lokasi itu khususnya di beberapa desa yang tak jauh dari lokasi erupsi gunung api bawah laut," kata Bupati Lembata Thomas Ola Langgoday dari Lembata, Selasa (30/11).

Dia menjelaskan bahwa saat erupsi itu, beberapa air sempat naik ke daratan mencapai sekitar 30 meter. Warga juga panik akibat hal tersebut.

Baca Juga: Seperti di Kupang, Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Masih Buram

"Memang Ile Werung ini dari sejarahnya sebagai gunung yang dipercaya melahirkan anak. Artinya muncul gunung api baru seperti gunung Hobal," terangnya.

Thomas mengapresiasi Kementerian ESDM khususnya melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) yang sudah mengeluarkan surat resmi yang menyatakan bahwa status gunung Ile Werung naik level normal menjadi level Waspada.

Warga juga diminta untuk tidak beraktivitas di sekitar pesisir pantai di lokasi erupsi, serta tidak melaut atau berlayar di sekitar gunung itu. Pihaknya khawatir akan ada erupsi susulan yang kemudian akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Begini Kronologi Penemuan Jasad dan Perjalanan Kasus Ibu dan Bayi di Kupang

Sebelumnya diberitakan PVBMG melaporkan bahwa telah terjadi erupsi dan bualan gunung api bawah laut di perairan selatan di sekitar kompleks Gunung api Ile Werung.

Halaman:

Editor: Denis DH

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Positif Covid Kembali Muncul di Nagekeo

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:41 WIB

Longsoran Tanah Kembali Menutupi Bagian Jalan di Ende

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:46 WIB

Tanah Longsor Terjadi di Kawasan Tenau Kupang

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:05 WIB

Keresahan Warga Ngalupolo

Rabu, 19 Januari 2022 | 18:10 WIB

Penderita DBD di Sikka Capai 50 Kasus

Senin, 17 Januari 2022 | 14:19 WIB
X