Kasus Positif Covid Kembali Muncul di Nagekeo

- Minggu, 23 Januari 2022 | 19:41 WIB
Kasus Positif Covid Kembali Muncul di Nagekeo
Kasus Positif Covid Kembali Muncul di Nagekeo


MBAY (eNBe Indonesia) - Nyaris tepat 1 bulan, Nagekeo menikmati area peta zona hijau Kasus Covid-19 sejak 23 Desember 2021, namun Pada Jumat (21/1/22) kondisi ini berubah.

Hal ini diungkpakan Silvester Teda Sada, Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo, yang juga Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Protkompim) Kabupaten Nagekeo, dalam siaran pers hari ini.

Sementara Kepala Puskesmas Nangaroro, kembali melaporkan bahwa ada Pasien RTA Positif, atas nama FKK, yang sedang dirawat di PKM Nangaroro.

Baca Juga: Positif COVID-19 di Kabupaten Kupang bertambah 46 kasus

Kondisi Pasien semakin membaik. Keluhan yang dirasakan sebelumnya berupa nyeri perut, sudah tidak dirasakan dan oleh Dokter jaga, pasien bersangkutan dinyatakan bisa pulang untuk menjalani isolasi mandiri.

Diinformasikan pula, bahwa pasien tersebut datang dari Jakarta pada bulan November 2021, beralamat di Nagemi RT 02, Desa Ulupulu I.

Tim PKM Nangaroro langsung bergerak melakukan tracing kontak erat yang semuanya berdomisili di RT 02, Desa  Ulupulu I.

Didapatkan 23 kontak erat, selanjutnya dilakukan pemeriksaan RTA. Ditemukan 4 orang dengan pemeriksaan RTA Positif, dan 19 orang dengan pemeriksaan RTA Negatif.

Baca Juga: Dinkes Kabupaten Kupang optimistis capai vaksinasi 70 persen

Yang terkonfirmasi positif, langsung diedukasi untuk melakukan isolasi mandiri di rumah  selama 14 hari, dan  karantina mandiri untuk kontak erat dengan RTA Negatif.

Pemeriksaan RTA kedua bagi kontak erat dengan hasil pemeriksaan RTA Negatif akan dilakukan pada hari ke 5 (Selasa, 25 Januari 2022).

Selanjutnya untuk pasien dengan gejala, sudah disiapkan obat untuk didistribusikan.

Untuk diketahui, dari 23 orang yang masuk dalam kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi covid-19, sudah divaksinasi covid-19 (2 dosis) sebanyak 17 orang dan belum divaksinasi sebanyak 6 orang.

Baca Juga: Pemkab Ende targetkan vaksinasi 90-an persen Maret 2022

Selanjutnya, pada Sabtu (22/1/22), Kepala Puskesmas Nangaroro kembali melaporkan bahwa ada tambahan 4 kontak erat hasil tracing pasien terkonfirmasi atas nama FKK yang datang melakukan pemeriksaan RTA di Puskesmas, dimana dua diantaranya belum divaksinasi covid-19.

Dengan demikian, hingga hari ini, Minggu 23 Januari 2022 total kasus terkonfirmasi sebanyak 6 orang, yang semuanya beralamat di RT 02, Desa Ulupulu I, Kecamatan Nangaroro.

Baca Juga: Vaksin Kedua Covid-19 Capai 123.78 Juta Orang

"Mencermati perkembangan kasus ini, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo kembali mengingatkan dan menegaskan pentingnya penerapan Protkes di semua tempat, dan segera mengikuti Vaksinasi Covid-19 sesuai jadual waktu yang ditentukan pada masing-masing wilayah," tandas Silvester.***

Editor: Christianus Wai Mona

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 di Jakarta Terus Menurun

Jumat, 20 Mei 2022 | 12:14 WIB

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta Naik

Kamis, 12 Mei 2022 | 12:10 WIB
X