• Minggu, 3 Juli 2022

Manggarai Barat dorong produk lokal masuk hotel

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 10:21 WIB
Manggarai Barat dorong produk lokal masuk hotel (antaranews.com)
Manggarai Barat dorong produk lokal masuk hotel (antaranews.com)


LABUAN BAJO (eNBe Indonesia) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendorong produk ekonomi kreatif lokal dapat masuk ke hotel-hotel yang ada di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pemerintah mendorong UMKM mengembangkan berbagai potensi lokal untuk dipasarkan di industri pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat Pius Baut di Labuan Bajo, Jumat, (6/5/22).

Manggarai Barat memiliki berbagai potensi seperti makanan lokal, kain tenun, dan berbagai produk ekonomi kreatif lain yang layak dipasarkan, termasuk di dalam hotel. Salah satu produk lokal yang sudah masuk ke hotel ialah Rebok Bukit Porong dari Desa Wisata Coal.

Baca Juga: Desa di Nagekeo manfaatkan dana desa tangani stunting

Menurut dia pariwisata harus dinikmati oleh masyarakat lokal, sehingga Pius mendorong agar pihak hotel menggunakan Rebok sebagai salah satu menu makanan di hotel. Hal itu direspons dengan baik oleh pihak hotel dalam pertemuan mereka beberapa waktu lalu.

Rebok Bukit Porong merupakan makanan khas dari Manggarai yang diolah dengan bahan dasar tepung beras dan dikomposisikan dengan gula gula aren (gula ngoso).

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Porong Tedeng di Desa Wisata Coal Alfonsius Sumarno Patut mengatakan Rebok Bukit Porong telah memiliki SP-IRT dan dikembangkan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pokdarwis Porong Tedeng Kelompok Kerja Home Industri.

Baca Juga: Pemkab Nagekeo tangani kekerdilan lewat PMT dan edukasi

Kini, produk rebok dari Desa Coal sudah masuk ke hotel Jayakarta, Hotel La Prima, dan Hotel Ayana sebagai salah satu pilihan kuliner yang ada di sana.

Alfonsius pun berharap semakin banyak hotel yang mau menerima produk lokal dan turut serta membantu pokdarwis dalam memasarkan produk-produk lokal dalam Kota Labuan Bajo.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Sumber: antaranews.com

Tags

Terkini

BAKTI berupaya tuntaskan pembangunan BTS di NTT

Sabtu, 25 Juni 2022 | 22:14 WIB

Bupati Ende Djafar Ahmad: Terima Kasih Bank NTT

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:52 WIB

Kasus Covid di Jakarta Terus Naik

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:16 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Hujan Seharian

Rabu, 15 Juni 2022 | 10:47 WIB

Banjir Rob Ancam Jakarta

Senin, 13 Juni 2022 | 17:13 WIB
X