• Minggu, 3 Juli 2022

Dukcapil Ende Terus Berbenah, Proses Adminduk Bisa Langsung di Desa

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:26 WIB
Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Ende Lambertus Sigasare
Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Ende Lambertus Sigasare


ENDE (eNBe Indonesia) - Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Ende terus memudahkan layanan kependudukan bagi masyarakat.

Melalui tenaga registrasi yang ada di setiap Desa, setiap masyarakat yang mengurus Adminduk tidak lagi harus ke kantor Dinas, tetapi bisa langsung diserahkan ke kantor Desa dan akan di urus secara kolektif oleh tenaga registrasi di Desa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende Lambertus Sigasare mengatakan bahwa pengurusan adminduk melalui Desa merupakan upaya memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

"Pengurusan melalu tenaga registrasi Desa untuk memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan," kata Lambertus di ruang kerjanya pada Selasa (17/5/22).

Baca Juga: Aturan Baru, Pelaku Perjalanan Tak Perlu Tes PCR

Dikatakannya dengan adanya tenaga registrasi di Desa masyarakat hanya menyerahkan berkas persyaratan lengkap, setelah itu Tenaga Registrasi yang akan mengurus secara kolektif di kantor Dinas.

Lanjut Lambertus, setelah itu masyarakat atau pemohon tinggal mengambil di kantor Desa. Selain itu Dukcapil Ende juga menyediakan layanan online bagi masyarakat yang ingin konsultasi jika ada bermasalah.

"Jika data NIK, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal lahir ataupun NIK yang belum online bisa mengurus pada aplikasi layanan online, maka pemohon cukup dirumah saja dan cukup mengakses website," terangnya.

Baca Juga: Kalahkan Southampton, Liverpool Jaga Asa Juarai Liga Inggris

Caranya mudah saja yakni, masyarakat cukup mengakses website https:/)disdukcapil.endekab.go.id. pilih menu konsolidasi NIK dan KK online, siapkan KK, isi Formulir elektronik, foto/Scan, dan lakukan upload/unggah dan kirim.

Lanjut Lambertus, jika warga mengalami kesulitan bisa menghubungi layanan pengaduan dan pertanyaan Dukcapil Ende berbasis SMS Center dan Waatsap di Nomor:0813 1975 0033. Dirinya berharap dengan adanya inovasi ini pelayanan administrasi semakin terbantu.*** (TORRES)

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

BAKTI berupaya tuntaskan pembangunan BTS di NTT

Sabtu, 25 Juni 2022 | 22:14 WIB

Bupati Ende Djafar Ahmad: Terima Kasih Bank NTT

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:52 WIB

Kasus Covid di Jakarta Terus Naik

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:16 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Hujan Seharian

Rabu, 15 Juni 2022 | 10:47 WIB

Banjir Rob Ancam Jakarta

Senin, 13 Juni 2022 | 17:13 WIB
X