• Selasa, 16 Agustus 2022

BMKG Sebut Gelombang Tinggi Berpeluang Landa Perairan NTT

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:13 WIB
Gelombang Tinggi 6 Meter Terjang Perairan Jateng-Bali.  (Pexels.com/Lachlan Ross)
Gelombang Tinggi 6 Meter Terjang Perairan Jateng-Bali. (Pexels.com/Lachlan Ross)

KUPANG (eNBe Indonesia) - Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gelombang tinggi berpeluang melanda enam titik perairan di Nusa Tenggara Timur selama tiga hari ke depan.

"Gelombang laut dengan ketinggian berkisar antara 2,5-4 meter berpeluang terjadi pada 22-24 Juni 2022 sehingga perlu diwaspadai operator kapal maupun nelayan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi dalam keterangannya di Kupang, dikutip Antara, Selasa (21/6/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur selama tiga hari ke depan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bersalaman Dengan Bambang Pacul di Rakernas PDIP

Keenam titik perairan laut di NTT yang berpeluang dilanda gelombang tinggi yaitu Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian utara, Laut Sawu bagian selatan, Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu, Samudera Hindia selatan Kupang-Rote, dan perairan selatan Kupang-Rote.

Potensi gelombang tinggi, kata dia perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri maupun kapal tongkang dan kapal nelayan.

Operator kapal dan nelayan, perlu menghindari ancaman gelombang tinggi ketika berlayar melalui titik-titik perairan tersebut.

Baca Juga: Presiden RI: Ada 5 Kepala Pemerintah Meminta Keran Ekspor Batubara Indonesia dibuka

Sementara itu kondisi sinoptik menunjukkan umumnya bertiup dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan 1-6 Skala Beaufort.

Syaeful Hadi mengimbau agar operator kapal maupun para nelayan untuk terus mengikuti perkembangan informasi cuaca di perairan laut NTT agar bisa melakukan pelayaran dengan aman dan lancar.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BAKTI berupaya tuntaskan pembangunan BTS di NTT

Sabtu, 25 Juni 2022 | 22:14 WIB

Bupati Ende Djafar Ahmad: Terima Kasih Bank NTT

Rabu, 22 Juni 2022 | 09:52 WIB
X