• Jumat, 7 Oktober 2022

Diduga Hina Masyarakat, Forkoma PMKRI NTT Mengencam Tindakan Rasisme Anggota DPRD Belu

- Rabu, 21 September 2022 | 07:41 WIB
Kristoforus Efi
Kristoforus Efi


BELU (eNBe Indonesia) - Diduga melakukan penghinaan dengan melontarkan kata-kata rasis kepada masyarakat, anggota DPRD Belu (Emundus Tita) dari Partai Nasdem mendapatkan kritikan pedas dari berbagai kalangan.

Selain masyarakat, kritikan dan aksi protes rasisme yang dilontarkan oleh anggota DPRD Belu terhadap masyarakat datang juga dari Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (FORKOMA) PMKRI NTT.

Kristoforus Efi, Sekretaris Forkoma PMKRI NTT kepada media ini melalui pesan WhastApp Selasa (20/9/22) malam mengatakan bahwa, Forkoma PMKRI NTT mengutuk keras tindakan rasisme yang dilontarkan oleh anggota DPRD Belu terhadap masyarakatnya sendiri.

Baca Juga: Kasus Lakalantas di Ende Menurun Seiring Konsumsi Miras dan Berkurangnya Pengedara di Bawah Umur

Sebagai pejabat negara yang telah dipercayakan oleh rakyat semestinya menjadi pelindung dan teladan bagi masyarakatnya, bukan malah sebaliknya.

"Karena masyarakat kecil jangan seenaknya kita mengeluarkan kata-kata yang tidak etis serta berbau rasis. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, tidak boleh ada yang membedakan suku, ras, agama serta golongan. Karena kita ini satu yang sama, Untuk itu sebagi pejabat negara harus menjadi corong Kebinekaan di tanah air," ujar Kristoforus.

Baca Juga: Pemerintah dan Akademisi Perlu Berkolaborasi Terkait Tembakau Alternatif

Selain mengutuk tindakan rasisme, Forkoma PMKRI NTT meminta kepada oknum anggota DRPD Belu untuk segera meminta maaf kepada korban, dan harus berjanji untuk tidak menggulangi lagi ungkapan berbau rasis terhadap korban.

Sementara itu berdasarkan informasi yang di peroleh media ini, Anggota DPRD Belu dari Partai Nasdem, Edmundus Tita dilaporkan ke Badan Kehormatan DPRD Belu pada Senin (19/9/22) atas ucapan yang berbau rasisme terhadap Ivon Soeleman.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diguyur Hujan Deras, Kota Sorong Dikepung Banjir

Rabu, 24 Agustus 2022 | 07:22 WIB
X