• Kamis, 28 September 2023

Atraksi Pasola Lamboya Sumba 2023 Ricuh: Sulit dibenah, perlu ditiadakan?

- Sabtu, 18 Februari 2023 | 11:14 WIB
Pasola Lamboya Sumba
Pasola Lamboya Sumba


DEPOK (eNBe Indonesia) - Warga net dari Sumba buka suara terkait atraksi Pasola di Lamboya, Sumba Barat pada Kamis (16/2/23) berakhir ricuh.

Pada Februari 2022, atraksi Pasola di Lamboya juga diwarnai aksi lempar batu, demikian pada Februari 2012 dimana warga terlibat tawuran.

Salah satu netizen memberi komentar ekstrim, berharap atrasi tahunan Pasola di Sumba ini ditiadakan, karena sudah sulit dibenah dan hampir terjadi setiap tahun di banyak wilayah.

"Ini memalukan," tulis Oktavian Aja pada video yang diunggah oleh G.U.D Sumba youtube channel.

Baca Juga: Saudi Pro League: Dua Assist Cristiano Ronaldo Antar Al-Nassr Raih Kemenangan

Atraksi Pasola yang diwarnai kekacauan bahkan dianggap sebagai kebiasaan, sebuah fenomena miris di saat publik Sumba sedang mengangkat pariwisata Sumba di mata dunia, sebagai target wisata yang unik.

"Sangat di sayangkan, budaya yang seharusnya dilestarikan berakhir ricuh seperti ini, kasihan wisatawan yang ingin menonton pergelaran budaya yang unik di Sumba akhirnya mereka jadi tidak nyaman, sampai kapanpun SUMBA TIDAK AKAN MAJU KARNA SIFAT PRIMITIF SEGELINTIR ORANG, KEJADIAN SEPERTI INI WISATAWAN AKAN PERHITUNGAN UNTUK LIBURAN KE SUMBA, ayolah anak-anak muda saatnya sekarang berbenah menuju SUMBA yang lebih Maju, belajarlah dari kota-kota maju maju sehingga Sumba menjadi target wisata ALAM YANG UNIK KE DEPANNYA," tulis FABI MODU channel.

"Marilah kita tanamkan rasa tali persaudaraan jangan memandang suku, ras dan agama. Sehingga rasa persaudaraan akan lebih berkembang dan bermakna sehingga budaya kita tidak terjadi dengan hal-hal yang kita inginkan," tulis Phelipus Hadi.

Baca Juga: Vaksin Covid Puskesmas Beji Depok, Dokter Hilma: Antusias warga sangat tinggi

Atraksi Pasola merupakan agenda rutin yang tiap tahunnya dilaksanakan pada beberapa tempat di Kabupaten Sumba Barat.

Pasola merupakan ritual adat budaya khas Sumba yang dilaksanakan dengan menggambarkan jiwa kesatria kaum laki-laki Sumba.

Dengan menunggangi kuda dan bersenjatakan tombak yang terbuat dari rotan dan juga kayu, para kesatria Sumba saling beradu ketangkasan dengan saling melemparkan senjata mereka dalam hal ini tombak kepada lawan.

Atraksi Pasola merupakan sebuah pertunjukan yang sangat dinanti oleh masyarakat Sumba serta wisatawan lokal dan mancanegara.***

Editor: Adrianus Nulangi Madaala

Tags

Terkini

X