Perayaan Imlek Diharapkan Jadi Momentum Tingkatkan Toleransi

- Senin, 23 Januari 2023 | 16:44 WIB
Warga Tionghoa melakukan sembahyang hari raya Imlek di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat.
Warga Tionghoa melakukan sembahyang hari raya Imlek di Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat.

DEPOK (eNBe Indonesia) - Perayaan Imlek 2574 Kongzi Li diharapkan dapat menjadi momentum meningkatkan toleransi antarumat beragama. Dewan Kehormataan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) Uung Sendana menyampaikan harapan itu.

Harapan itu disampaikan karena menurutnya, saat ini, toleransi hanya ada di permukaan, tidak tertanam di hati kebanyakan orang. "Kita ngomong toleran okelah, kita sama, tetapi pada praktiknya kurang," kata Uung, seperti dikutip dari RRI, Senin (23/1/2023).

Buktinya, lanjut Uung, masih ada orang fanatik yang selalu menyatakan secara terbuka, bahwa agama lain tidaklah benar. "Jadi dalam hidup beragama perlu fanatik, tetapi enggak perlu mengklaim keluar menyatakan agama orang lain kurang bagus," ujarnya.

Baca Juga: Tim Densus 88 Sita Bom Rakitan Terduga Teroris yang Berafiliasi dengan ISIS

Meski demikian, Uung menekankan, Umat Khonghucu tetap harus menebar benih kebajikan dari Tuhan, kepada setiap manusia. Benih kebajikan dimaksud adalah cinta kasih, dan kebijaksanaan.

"Setiap orang, apapun suku, agamanya, warna kulitnya, mempunyai anugerah yang sama," ucapnya. "Jadi kita tidak boleh membeda-bedakan manusia berdasarkan etnis, suku bangsa, atau warna kulit."

MATAKIN akan menggelar Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzi Li tingkat nasional, Kamis pekan ini. Perayaan Imlek tahun ini sekaligus dalam rangka menyongsong satu abad berdirinya MATAKIN.***

Editor: Christianus Wai Mona

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misa Natal di Gereja Katolik Tertua di Indonesia

Rabu, 28 Desember 2022 | 12:02 WIB

FKUB Deli Serdang Belajar Toleransi di NTT

Selasa, 8 November 2022 | 16:14 WIB

Paskah Umat Kristiani & Kota Depok Yang Toleran

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:38 WIB

Ulama Dunia Akui Islam Moderat-Toleran Indonesia

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:28 WIB
X